Berbagai Obat Alami untuk Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada selaput yang mengelilingi sumsum tulang belakang dan otak. Bayi, anak-anak, remaja dan orang dewasa semuanya bisa menderita meningitis, meskipun jenis meningitis cenderung bervariasi sesuai dengan kelompok umur. Meningitis dikenal juga dengan radang selaput otak.

Kondisi ini menyebabkan disfungsi mening, bersama dengan cairan serebrospinal yang melindungi struktur sistem saraf pusat. Mening pada dasarnya adalah pelindung otak, yaitu, mereka mencegah otak dari pengaruh kuman atau trauma apa pun.

24 April setiap tahun dipandang sebagai Hari Meningitis Dunia.

Setiap jenis meningitis disebabkan oleh berbagai jenis agen. Bakterial meningitis disebabkan oleh bakteri yang memasuki aliran darah dan melakukan perjalanan ke otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis virus disebabkan oleh sekelompok virus yang dikenal sebagai enterovirus. Meningitis kronis disebabkan oleh organisme yang tumbuh lambat seperti jamur dan Mycobacterium tuberculosis. Meningitis juga dapat disebabkan oleh penyebab tidak menular, seperti reaksi kimia, alergi obat, dll.

Statistik mengungkapkan bahwa hingga 75 persen dari semua kasus yang mengancam jiwa terjadi pada anak-anak di bawah usia 5. Dan itu telah menjadi salah satu masalah paling umum yang dilaporkan pada remaja dan dewasa muda antara usia 15 hingga 24 tahun. Kasus parah meningitis dapat menyebabkan kejang dan koma.

 

Gejala Meningitis

Tanda-tanda infeksinya mirip dengan gejala flu. Gejala meningitis bakteri dan meningitis virus berkembang lebih cepat, dibandingkan dengan jenis lainnya. Gejala dapat bervariasi tergantung pada jenis meningitis dan berkembang selama beberapa jam atau beberapa hari. Gejala pada individu yang lebih dari usia 2 tahun adalah sebagai berikut:

  1. Sakit kepala karena mual atau muntah.
  2. Tiba-tiba demam tinggi.
  3. Leher kaku.
  4. Sensitivitas terhadap cahaya.
  5. Nyeri otot.
  6. Kebingungan atau kesulitan berkonsentrasi.
  7. Kejang.
  8. Rasa kantuk atau sulit bangun.
  9. Ruam kulit.
  10. Tidak ada nafsu makan atau haus.
  11. Sakit kepala parah.
  12. Keram perut.
  13. Kelelahan dan kantuk.
  14. Tangan dan kaki sangat dingin.
  15. Napas cepat dan kedinginan.

Gejala pada bayi adalah sebagai berikut:

  1. Menangis terus-menerus.
  2. Demam tinggi.
  3. Kekakuan pada tubuh dan leher bayi.
  4. Rasa kantuk atau lekas marah berlebihan.
  5. Tidak ingin makan.
  6. Tidak aktif atau lamban.
  7. Tonjolan di bagian lunak di atas kepala bayi.

 


Pengobatan Mandiri Untuk Meningitis

Meskipun ada berbagai metode pengobatan untuk infeksi ini, pengobatan rumahan berikut cukup efektif untuk menyembuhkan meningitis. Banyak orang cenderung memilih pengobatan rumahan daripada metode pengobatan konvensional karena khawatir akan kemungkinan komplikasi (efek samping) yang dapat mempengaruhi kesehatan keseluruhan seseorang. Obat rumahan yang paling umum dan efektif untuk meningitis adalah sebagai berikut:

 

1. Minyak kelapa Murni

Meningitis yang disebabkan oleh jamur dapat disembuhkan dengan bantuan minyak kelapa murni karena dinyatakan sebagai alternatif yang efektif untuk obat antijamur. Sifat antibakteri, antimikroba dan antivirus dari minyak kelapa murni juga memainkan peran penting dalam mengelola gejala meningitis.


Baca juga: Pengobatan Meningitis dengan Minyak Kelapa Murni Pada Pasien HIV

 

2. Bawang putih

Salah satu pengobatan mandiri yang efektif untuk meningitis adalah bawang putih mentah. Dikenal karena sifat antibakteri dan antivirusnya, bawang putih mentah membantu menyembuhkan gejala meningitis. Bahan aktif allicin hadir dalam bawang putih bertindak sebagai antioksidan kuat untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Antioksidan membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan meningkatkan sel T dalam proses, sehingga menghilangkan bakteri penyebab infeksi.

Konsumsi 3-4 siung bawang putih mentah setiap hari atau Anda bisa mengekstrak jus bawang putih dan mengkonsumsinya dengan jus buah atau sayuran apa pun. Wanita hamil dan penderita asam lambung harus membatasi diri dari mengkonsumsi bawang putih mentah atau suplemen bawang putih.

 

3. Daun zaitun

Zat oleuropein di dalam daun zaitun memiliki sifat antioksidan yang luar biasa, yang memainkan peran utama dalam menghilangkan radikal bebas dan mencegah kerusakan. Ekstrak dari daun zaitun memiliki sifat antivirus dan antioksidan karena adanya asam elenoat yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Ekstrak daun zaitun aman dikonsumsi dengan obat lain dan dapat digunakan dalam bentuk kapsul atau cairan. Dosis standar ekstrak daun zaitun per hari adalah 250-500 mg, 1-3 kali sehari.

 

4. Chlorella

Kaya akan klorofil, alga chlorella adalah salah satu pengobatan mandiri paling efektif untuk meningitis. Klorofil mengandung sekitar dua puluh jenis mineral dan vitamin yang membantu menyembuhkan meningitis. Ini membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang pada gilirannya meningkatkan oksigenasi dan memurnikan darah Anda, sehingga mempercepat pemulihan dan perbaikan yang disebabkan oleh meningitis.

 

5. Ramuan ginseng

Seperti bawang putih dan chlorella, ramuan ini juga merupakan obat yang efektif untuk mengelola dan mengobati gejala meningitis. Bahan aktif ginsenosides hadir dalam ramuan bekerja pada membran yang terkena dan menghilangkan infeksi. Obat herbal Tiongkok kuno ini juga efektif dalam mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa konsumsi ginseng secara langsung dalam bentuk bubuk atau merebusnya dalam teh.

 

6. Goldenseal

Ramuan kuno goldenseal efektif sebagai pengobatan melawan meningitis. Akarnya memiliki sifat obat dan agen antibakteri dan antijamur. Campuran herbal dari goldenseal dan Echinacea juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

 

PS: Dapatkan Mazanta VCO, minyak kelapa murni 100% asli dan berkualitas tinggi untuk mengobati meningitis akibat virus, bakteri, dan jamur dengan cara klik DI SINI.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<