Selain untuk Diet, Ini 11 Manfaat Beras Hitam yang Bisa Kamu Coba

Beras hitam memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga dipercaya ada banyak manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Jika kamu telah beralih dari beras putih ke beras hitam dalam rangka memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh, maka kamu telah membuat keputusan yang tepat.

Nasi yang terbuat dari beras hitam memiliki tekstur lengket dan rasa yang cukup gurih, sehingga beras yang satu ini sangat cocok untuk diolah menjadi bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja manfaatnya? Selain untuk diet dan memenuhi nutrisi tubuh, inilah 11 manfaat beras hitam yang bisa kamu coba.


1. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Beras hitam memiliki kandungan antioksidan yaitu antosianin yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi tubuh dari segala macam peradangan, mulai dari asma, arthritis, hingga kanker.


2. Menghambat pertumbuhan kanker dan mengendalikan kolesterol

Kandungan antosianin dalam beras hitam mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga dapat mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya.

Beras hitam juga mengandung riboflavin yang berperan penting untuk melindungi sel dari stres oksidatif yang merupakan radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, beras hitam pun memiliki kemampuan untuk membantu hati menghilangkan zat-zat beracun berkat kandungan fitonutrien yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Di sisi lain, beras hitam juga dipercaya mampu mengurangi kolesterol yang tinggi dan kadar trigliserida dalam darah.


3. Memiliki kandungan protein yang tinggi

Tahukah kamu bahwa semangkuk nasi hitam mengandung kandungan serat dan protein yang tinggi? Satu porsi beras hitam (atau setara dengan 100 gram beras hitam) menyediakan 17% dari asupan protein harian kamu. Jadi, bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, kamu bisa mencoba beras hitam.


4. Kaya akan vitamin dan mineral

Beras hitam mengandung sederet vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Satu porsi beras hitam (100 gram) dapat memenuhi 8% dari asupan harian untuk zinc, 6% zat besi, dan 20% dari nilai harian untuk fosfor.


5. Baik untuk detoks hati

Selanjutnya, kandungan antosianin dari beras hitam juga dapat mengurangi lemak di hati, mengembalikan struktur dan fungsi hati kembali normal, serta membantu regenerasi sel hati yang sehat.

Beras hitam berperan penting dalam menunjang kesehatan hati, terutama dalam mencegah perlemakan di hati. Lagi-lagi hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam beras hitam.

Ingin mencoba manfaat beras hitam untuk kesehatan? Yuk, beli beras hitam organik kami DI SINI.

6. Melindungi kesehatan jantung

Mengonsumsi beras hitam secara teratur dapat membantu tubuh kamu dalam menjaga arteri tetap bersih dan membuat aliran darah lancar, sehingga terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Antosianin yang terkandung dalam beras hitam dipercaya dapat menjaga kolesterol, kadar glukosa, dan trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Beras hitam terbukti dapat mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di dalam pembuluh darah jantung. Selain itu, beras hitam juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol.


7. Melancarkan pencernaan

Manfaat beras hitam selanjutnya yaitu dapat membantu mengatur pergerakan usus, sehingga feses bisa keluar dengan lebih mudah. Hal tersebut tentunya dapat berperan penting untuk mencegah sembelit, perut kembung, dan membantu melancarkan pencernaan.

Beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.


8. Mencegah diabetes

Tahukah kamu bahwa beras hitam juga dapat mengurangi gula darah? Selain itu, jenis beras yang satu ini juga bisa mendorong glukosa masuk ke dalam sel dan otot daripada ke dalam darah.

Beras hitam juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan baik, sehingga dapat menghindari kamu dari bahaya diabetes.


9. Mengontrol berat badan

Beras hitam kaya akan sumber serat makanan, sehingga dapat membantu menunda rasa lapar dan membuat kamu cepat merasa kenyang. Hal ini tentunya bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang, sehingga bermanfaat bila kamu ingin menurunkan berat badan.

Beras hitam juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok untuk dijadikan menu makanan diet kamu. Sebab, mengonsumsi beras hitam menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah untuk menurunkan berat badan. Selain itu, beras hitam juga membantu tubuh untuk mengontrol asupan kalori dan melindungi kamu dari obesitas dalam jangka panjang.


10. Meningkatkan ketajaman fungsi otak

Mengonsumsi beras hitam dapat meningkatkan antioksidan tubuh, sehingga dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Antosianin dalam beras hitam pun bisa meningkatkan daya ingat kamu. Selain itu, beras hitam juga dapat menjaga kinerja kognitif otak dan membatasi efek buruk penuaan otak.


11. Mendetoks tubuh secara alami

Beras hitam dapat digunakan untuk mendetoks tubuh secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam beras hitam dapat membantu hati membuang racun, sehingga terhindar dari penumpukan racun yang bisa memicu penyakit. Selain itu, kandungan fitonutrien yang terdapat dalam beras hitam juga dapat mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh.

Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi beras hitam, kamu bisa mengolahnya seperti nasi putih biasa meski waktu yang dibutuhkan lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa menyantap nasi hitam bersama dengan sayuran maupun daging.

Itulah 11 manfaat dari beras hitam yang bisa kamu coba. Selain bagus untuk diet, ternyata beras hitam juga memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, ya. Kamu bisa mendapatkan beras hitam organik yang baik untuk diet dan pengobatan dengan cara klik DI SINI.

Sumber: http://blog.sayurbox.com/11-manfaat-beras-hitam/


Posting Komentar

0 Komentar