Perbedaan Mocaf dan Tapioka Beserta Masing-masing Kelebihan dan Kekurangannya


MOCAF (Modified Cassava Flour) atau tepung ubi kayu termodifikasi merupakan salah satu produk pati termodifikasi yang telah banyak dimanfaatkan pada berbagai produk pangan. Modifikasi diartikan sebagai perubahan struktur molekul yang dapat dilakukan dengan beberapa metode, baik secara fisik, kimia, maupun enzimatis.

Meski nampaknya sama-sama dari singkong, namun tepung mocaf berbeda dengan tepung tapioka. Perbedaan mocaf dan tapioka terletak pada cara pembuatannya. Masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan untuk beragam produk makanan.

Meski demikian, kini tepung mocaf mulai banyak dilirik karena nutrisi dan rendah indeks glikemik yang membuatnya bisa menjadi konsumsi untuk orang dengan kadar gula tinggi. Berikut perbedaan mocaf dan taioka beserta masing-masing kelebihan dan kekurangannya:


Perbedaan Mocaf dan Tapioka

Tepung mocaf dan tepung tapioka, keduanya dibuat dari tanaman yang sama, namun, keduanya berasal dari bagian tanaman yang berbeda. Tanaman ubi kayu sendiri berwarna coklat dengan kulit kasar, sedangkan bagian dalamnya lebih lembut dan warna kuning-putih. 

Tapioka adalah pati yang diputihkan dan diekstrak dari umbi singkong, sedangkan tepung mocaf lebih merupakan “makanan utuh” yang terbuat dari seluruh umbi. Ekstraksi biasanya tidak diperlukan untuk membuat tepung mocaf karena ditumbuhkan secara alami, dikupas, dikeringkan kemudian digiling.

Kedua produk tersebut bebas gluten, bebas biji-bijian, bebas kacang dan biasanya ditambahkan ke resep untuk pengentalan. Tapioka sering digunakan untuk mengentalkan cairan, puding, dan saus manis, sementara mocaf lebih cocok digunakan untuk memanggang atau memasak seperti tepung biasa. 

Tepung mocaf diyakini juga lebih mudah dicerna bagi kebanyakan orang karena kurang terkonsentrasi pada pati murni.


Manfaat Tepung Mocaf

1. Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Tepung Terigu

Tepung mocaf mudah digunakan dalam resep sebagai pengganti tepung berbahan dasar biji-bijian tradisional atau bahkan campuran tepung bebas gluten. Salah satu hal terbaik tentang penggunaan tepung mocaf adalah netralitasnya dalam hal rasa. Ia tidak memiliki rasa atau tekstur yang kering, kuat atau asing yang sering kali datang dengan menggunakan beberapa tepung bebas gluten.

Banyak orang menemukan bahwa singkong dapat digunakan dalam resep bahkan tanpa terdeteksi sama sekali dan praktis tidak dapat dibedakan dari singkong berbasis gandum. Teksturnya cocok untuk memanggang hal-hal seperti brownies, cookie, dan roti yang lebih padat, atau Anda dapat menggunakannya dalam hidangan gurih untuk mengentalkan saus atau untuk membentuk burger / roti.

Banyak orang suka memanggang dengan tepung mocaf karena tidak memiliki rasa asam atau bau yang terkadang dapat dibawa oleh tepung biji-bijian yang difermentasi dan bertunas. Jika Anda akan memanggang sesuatu seperti roti atau kue dan membutuhkan tepung yang mengembang dengan baik, singkong dapat digunakan untuk menggantikan sebagian tepung di dalam campuran. Untuk resep yang tidak perlu mengembang, singkong benar-benar bisa menggantikan tepung gandum.


2. Non-Alergen (Bebas Gluten, Bebas Butir dan Kacang)

Jika Anda tidak dapat menggunakan tepung berbahan dasar kelapa atau kacang dalam resep (seperti tepung almond ), singkong adalah alternatif lain yang bagus untuk membuat kue bebas gluten. Beberapa produsen bahkan menjual tepung mocaf berkualitas tinggi yang bebas gluten yang disertifikasi oleh Kelompok Intoleransi Gluten.

Karena benar-benar bebas biji-bijian, tepung mocaf adalah pilihan yang baik bagi lebih dari sekadar mereka yang memiliki  gejala intoleransi gluten, ini juga ramah paleo dan juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang dengan sistem atau gangguan pencernaan yang sensitif, seperti penyakit usus yang mudah tersinggung atau iritasi usus besar. penyakit.

Faktanya, ini adalah alternatif tepung yang populer bagi mereka yang mengikuti diet protokol autoimun seperti GAPS Diet Plan and Protocol karena daya cerna yang tinggi.


3. Rendah Kalori, Lemak dan Gula

Singkong memiliki kurang dari 120 kalori untuk seperempat cangkir saji, membuatnya lebih rendah kalori dibandingkan beberapa tepung bebas gluten lainnya, seperti tepung almond atau kelapa. Secara keseluruhan memiliki kandungan air yang lebih tinggi, kandungan lemak yang lebih rendah dan kepadatan kalori yang lebih rendah dibandingkan tepung lainnya, antara lain tepung jagung, gandum, pisang raja, almond, kelapa, beras dan sorgum.

Tepung mocaf menjadi pilihan yang baik untuk orang dengan kondisi kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, karena sangat rendah garam / natrium, gula dan lemak, ditambah benar-benar bebas dari karbohidrat olahan dan bahan sintetis. Bergantung pada bahan lain yang Anda gunakan dengan singkong, ini dapat membantu Anda menjaga gula darah normal dan menyediakan sumber energi yang baik.

Tepung mocaf mengandung karbohidrat tinggi dan memberikan jumlah karbohidrat yang sama seperti kebanyakan tepung berbasis biji-bijian lainnya, yang dapat membantu mendukung tingkat energi pada orang yang aktif tetapi menghindari makan pati lainnya. Faktanya, karena karbohidratnya sangat tinggi, para ahli memperkirakan bahwa tanaman singkong memberikan hasil karbohidrat tertinggi ketiga per orang di banyak bagian dunia (setelah tebu dan gula bit).

Komposisinya sekitar 60 persen sampai 65 persen kelembaban air, 20 persen sampai 31 persen karbohidrat, dan kurang dari 2 persen protein dan lemak. Di beberapa bagian Afrika, ini menyediakan hingga 30 persen dari total kalori harian!

Cara terbaik untuk menggunakan tepung mocaf mungkin adalah memasangkannya dengan makanan padat nutrisi lainnya, makanan gratis untuk meningkatkan kandungan serat, vitamin dan mineral pada resep.

Misalnya, Anda bisa menambah jumlah serat dalam resep dengan menggunakan tepung mocaf yang dikombinasikan dengan makanan berserat tinggi seperti biji chia atau biji rami. Ini juga dapat digunakan untuk membuat adonan pizza atau crepes yang bisa Anda tambahkan dengan bahan sehat favorit Anda, seperti keju mentah, saus tomat, sayuran, buah atau alpukat.


4. Murah, Berkelanjutan dan Mudah Tumbuh

Tanaman singkong ditanam di lebih dari 90 negara di seluruh dunia dan mampu bertahan dalam kondisi lingkungan yang kurang optimal, menjadikannya sangat berkelanjutan menurut penelitian yang dilakukan di Pusat Internasional untuk Pertanian Tropis di Kolombia. 

Singkong telah ditemukan untuk mengasimilasi karbon pada tingkat yang sangat tinggi di bawah tingkat kelembapan yang tinggi, tahan terhadap suhu tinggi dan radiasi matahari, dan bertahan di lingkungan yang kering atau lembab.

Karena karakteristik seperti memiliki "sistem akar yang halus, umur daun yang panjang, penyerap akar yang kuat, dan fotosintesis daun yang tinggi", singkong membantu memberi makan jutaan orang setiap tahun yang rentan terhadap kelaparan dan tinggal di lingkungan yang penuh tekanan. Semak telah ditemukan untuk bertahan hidup bahkan di tanah yang sangat miskin dan dalam kondisi kekeringan berkepanjangan, yang membantu petani singkong mengurangi penggunaan air sambil tetap menghasilkan hasil panen yang tinggi.

Pembelian tepung mocaf dan produk singkong lainnya juga membantu mendukung petani yang mengandalkan ekspor singkong untuk mendapatkan penghasilan, memberikan kesempatan kerja dan berfungsi sebagai cadangan makanan di saat kelangkaan.

Referensi: https://www.merdeka.com/sumut/perbedaan-mocaf-dan-tapioka-beserta-masing-masing-kelebihan-dan-kekurangannya-kln.html?page=all

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<