7 Manfaat Tepung Kanji untuk Kesehatan, Bantu Pencernaan hingga Cegah Alzheimer


Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tepung kanji. Jika Anda masih belum mengenalinya, mungkin Anda akan langsung tahu jika disebut tepung tapioka. Ya, keduanya adalah tepung yang sama, hanya beda sebutan saja.

Tepung kanji berasal dari ekstrak atau sari pati umbi singkong. Tepung kanji ini sudah sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu yang populer dalam pembuatan kue. Apalagi tepung kanji ini bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap gluten.

Untuk nutrisinya sendiri, tepung kanji tidak bisa dipandang sebelah mata. Tepung kanji mengandung nutrisi seperti selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, serta panthothenic.

Dengan kandungannya yang banyak vitamin, protein serta karbohidrat juga kolesterol yang baik, membuat tepung kanji sangat bermanfaat bagi manusia. Melansir dari organicfacts.net, berikut kami sampaikan beberapa manfaat tepung kanji untuk kesehatan Anda.


Penambah Berat Badan yang Sehat

Manfaat tepung kanji yang pertama sebagai penambah berat badan. Memiliki tubuh yang kurus sama bahayanya dengan obesitas. Untuk mengatasinya, tepung kanji menyediakan cara cepat dan mudah untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Kandungan karbohidrat yang tinggi, di mana dalam satu cangkir tepung kanji setara dengan 45 persen dari kebutuhan karbohidrat harian, akan menjadi tambahan dalam jumlah besar beserta kalori ke dalam makanan Anda, tanpa perlu mengkhawatirkan kolesterol yang tidak sehat atau lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Mayoritas karbohidrat ini datang dalam bentuk sukrosa, sedangkan jumlah yang sedikit lebih kecil berasal dari gula amilosa kompleks. Ini menjadikan tepung kanji sebagai pilihan ideal bagi orang-orang yang perlu menambah berat badan, terutama setelah sakit, cedera, operasi, atau kelainan makan.


Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Manfaat tepung kanji yang kedua dapat menurunkan risiko cacat lahir. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich, tepung tapioka atau kanji mengandung sejumlah besar vitamin B kompleks, termasuk asam folat. Vitamin ini, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup selama kehamilan, telah dikaitkan secara langsung dengan pengurangan kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi.


Meningkatkan Pencernaan

Manfaat tepung kanji yang ketiga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Salah satu manfaat kanji bagi kesehatan adalah kandungan seratnya yang melimpah. Serat secara langsung dikaitkan dengan peningkatan sejumlah kondisi di dalam tubuh manusia, terutama dalam hal pencernaan.

Serat akan membantu memindahkan tinja melalui saluran pencernaan, sehingga mencegah sembelit, kembung, dan nyeri usus. Selain itu, serat, terutama serat larut, akan membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan membuang kelebihan kolesterol dari dinding arteri dan pembuluh darah, sehingga membantu mengurangi timbulnya masalah seperti serangan jantung dan stroke.


Sumber Protein bagi Vegetarian

Manfaat tepung kanji yang keempat dapat digunakan sebagai sumber protein bagi para vegetarian. Protein adalah elemen penting dari kesehatan manusia. Namun, nutrisi ini banyak didapat dari asupan daging, ikan, unggas, dan produk susu.

Oleh karena itu, para vegetarian perlu mencari cara lain agar asupan protein mereka tetap terjaga. Seperti yang mungkin Anda ketahui, protein adalah bahan penyusun dari tubuh yang sehat.

Bagi vegetarian, kanji atau tapioka adalah pilihan yang bagus karena ini akan menyediakan banyak protein. Dengan menambahkan kanji secara teratur dalam makanan Anda, proses tubuh, perkembangan otot, pertumbuhan, penyembuhan, dan berbagai aktivitas penting Anda dapat berlanjut seperti biasa.


Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat tepung kanji yang kelima untuk meningkatkan kepadatan tulang. Tepung kanji merupakan sumber yang kaya vitamin K, kalsium, dan zat besi, yang semuanya berperan penting dalam perlindungan dan perkembangan tulang.

Kepadatan mineral tulang menurun seiring bertambahnya usia, dan mengakibatkan kondisi seperti osteoporosis, osteoartritis, kelemahan, dan kurangnya fleksibilitas. Jika kanji dikonsumsi secara teratur, dapat memberi tubuh memberi nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan dan melindungi kesehatan tulang seiring bertambahnya usia.


Mencegah Alzheimer

Manfaat tepung kanji yang selanjutnya untuk membantu mencegah Alzheimer. Vitamin K melakukan lebih dari sekedar mempromosikan aktivitas osteotropik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypothesis, vitamin ini juga penting untuk kesehatan mental kita.

Telah dibuktikan juga bahwa vitamin K dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit Alzheimer dengan menstimulasi aktivitas saraf di otak. Alzheimer sering terjadi karena kurangnya aktivitas atau kemandekan mental.

Vitamin K menjaga jalur saraf tetap aktif. Ini juga menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak. Ketika penelitian lebih lanjut tentang topik ini dilakukan, hal tersebut memiliki implikasi positif untuk bidang penyakit neurodegeneratif dalam penuaan.


Meningkatkan Energi

Manfaat tepung kanji yang terakhir untuk meningkatkan energi. Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, karena gula seperti sukrosa dipecah menjadi glukosa, yang memberikan energi yang dapat digunakan.

Tepung kanji memiliki banyak karbohidrat, tanpa kandungan negatif seperti kolesterol LDL dan lemak jenuh, sehingga dapat menjaga tingkat energi tetap tinggi dan meningkatkan rasa kenyang berkat kandungan seratnya.

Referensi: https://www.merdeka.com/jabar/7-manfaat-tepung-kanji-untuk-tubuh-bantu-pencernaan-hingga-cegah-alzheimer-kln.html?page=all

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<