Cara Konsumsi Buah dan Daun Takokak untuk Sembuhkan Mata Minus, Beserta Harganya di Marketplace


Mengutip dari buku berjudul 'Sembuhkan Mata Minus dengan Takokak' karya Kurniasih hlm.81-83, Terbitan Pustaka Baru Press Jogja, buah dan daun takokak ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Itu artinya buah tekokak secara tradisional bisa dimanfaatkan sebagai herbal untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan mata seperti mata minus, mata plus, mata rabun, silindris dan katarak.

Hal tersebut tidak lepas dari Vitamin A dan C serta antioksidan yang terkandung dalam buah dan daun takokak.

Seperti yang kita ketahui jika salah satu fungsi utama vitamin A adalah untuk menjaga penglihatan kita.

Selain itu berfungsi juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kecantikan kulit.


CARA KONSUMSI: 

1. Cuci bersih buah dan daun takokak mentah

2. Makan 5-10 butir/lembar setiap harinya


Daun Takokak Bisa Diolah Jadi Minuman Teh Herbal

Jika anda tak suka memakannya secara mentah, bauh dan daun takokak bisa anda olah menjadi minuman teh herbal.

Melansir dari jurnal di laman jurnal.unitri.ac.id, Takokak adalah obat herbal yang berguna sebagai obat pencernaan, penenang, haemostatik dan diuretik di Cina.

Namun, permasalahannya adalah buah dan daun takokak mudah rusak setelah dipanen akibat respirasi dan kontaminasi mikroba.

Pemanfaatan daun takokak sebagai minuman teh herbal takokak belum ada di Indonesia dan di luar negeri.

Dalam jurnal penelitian Nunuk Helilusiatiningsih, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri, menunjukkan bahwa buah dan daun Takokak bisa dijadikan minuman teh herbal.

Pengolahan teh herbal takokak menggunakan acuan pengolahan daun teh skala pabrik dan menggunakan metode respon permukaan.

Proses pengolahan teh herbal pokak meliputi pemetikan, sortasi, curing, perajangan buah, fermentasi, pengeringan, pengemasan.

Pada literatur disebutkan bahwa pengolahan teh meliputi meliputi pemetikan 3 daun teratas, sortasi, pelayuan, pengepresan, fermentasi, pengeringan.

Hasil penelitian teh herbal takokak terbukti memilki kandungan gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, mineral Ca, Mg, Fe dan senyawa antioksidan meliputi alkaloid, polifenol, tanin, flavonoid, steroid, beta fitosterol, asam klorogenik, asam cafeat, asam furolat, beta sitosterol, asam asetat dan derivatnya diprediksi sebagai minuman fungsional.

Anda bisa melihat selengkapnya isi jurnal penelitian tersebut di link 

https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/buanasains/article/view/2235/1508


Harga daun takokak

Menurut pantauan SURYA.co.id dari beberapa marketplace, daun Takokak dapat dibeli per lembar, 100 gram, maupun 500 gram.

Daun Takokak dihargai Rp 200 - Rp 300 per lembarnya. Ada pula penjual yang mematok harga Rp 10 ribu setiap 100 gramnya. Sedangkan 500 gram daun Takokak dibanderol seharga Rp 25 ribu. Anda juga bisa membeli bibit tanaman jika ingin memiliki tanamannya di rumah.(*)

Referensi: https://surabaya.tribunnews.com/2021/08/31/cara-konsumsi-buah-dan-daun-takokak-untuk-sembuhkan-mata-minus-beserta-harganya-di-marketplace?page=all.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<