Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut

Saat ini, beras hitam sudah cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain bagus untuk diet, beras hitam juga memiliki serat lebih banyak dibanding beras merah dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat mengontrol kolesterol dan kandungan gula darah dalam tubuh. 

Cara memasak beras hitam memang sedikit berbeda dengan memasak beras putih maupun beras merah. Akan tetapi, caranya tidak terlalu sulit.

Beras hitam memang cenderung lebih keras meski dimasak dengan takaran air yang sama dengan cara memasak beras lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara memasak beras hitam yang benar agar hasilnya pulen, empuk, dan lembut.

Untuk memasak beras hitam, kamu dapat menggunakan rice cooker (alat penanak nasi) atau menggunakan panci di atas kompor. Lalu, bagaimana cara memasak beras hitam agar pulen, empuk, dan lembut? Simak cara-caranya berikut ini.


1. Memasak beras hitam menggunakan rice cooker

Jika kamu ingin memasak beras hitam dengan menggunakan rice cooker, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar hasilnya pulen dan lembut.

  • Cuci beras hitam sampai airnya tidak berwarna ungu, lalu rendam selama satu jam. Setelah itu, buang airnya.
  • Letakkan beras hitam dan air di wadah rice cooker dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter.
  • Kemudian, nyalakan rice cooker seperti memasak nasi biasa.
  • Nasi akan matang selama 25-30 menit, tergantung pada takaran beras hitam yang kamu masak.
  • Setelah rice cooker berhenti memasak, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit.
  • Kemudian, aduklah nasi agar uapnya keluar.
  • Nasi dari beras hitam ini pun siap disajikan.

 

2. Memasak beras hitam menggunakan panci

Jika kamu berniat untuk memasak beras hitam dengan menggunakan panci, ikuti langkah-langkah berikut ini agar nasi yang dihasilkan akan pulen dan lembut.

  • Cuci beras hitam sampai airnya tidak berwarna ungu, lalu rendam selama satu jam. Setelah itu, buang airnya.
  • Letakkan beras hitam dan air di panci dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter.
  • Setelah itu, nyalakan kompor, lalu didihkan beras hitam dan air tersebut, kemudian kecilkan apinya dan tutup panci.
  • Masak di api kecil selama 25-30 menit atau hingga air benar-benar terserap ke nasi.
  • Jika sudah, matikan api. Diamkan nasi terlebih dahulu selama 15 menit.
  • Setelah itu, bukalah tutup panci dan aduk-aduk nasi agar uapnya keluar.
  • Nasi dari beras hitam ini pun siap disajikan.

 

Bagaimana, memasak beras hitam menjadi nasi yang enak cukup mudah, bukan? Selamat mencobanya di rumah, ya. Simak juga cara-cara memasak beras hitam lainnya berikut ini agar menghasilkan nasi yang pulen dan lembut.


3. Cuci beras hitam hingga bersih sebelum memasaknya

Cara memasak beras hitam selanjutnya agar hasilnya pulen dan lembut yaitu, cuci beras hitam terlebih dahulu dengan air yang sangat bersih sebelum memasaknya.

Buang benda-benda asing, seperti batu atau gabah yang terdapat dalam beras hitam. Setelah itu, gosok beras dengan tangan agar tidak menggumpal. Kemudian, diamkan sebentar dan saring. Perlu diperhatikan, kamu hanya perlu mencuci beras sebanyak dua kali saja agar zat gizi yang dimilikinya tidak banyak terbuang.

Setelah dicuci, rendam beras hitam selama 30 menit hingga 1 jam dengan air bersih. Tujuannya yaitu agar beras lebih empuk dan pulen saat dimasak nantinya. Namun ingat, jangan terlalu lama merendamnya, sebab nanti hasilnya malah akan menjadi sangat lengket.

Ingin mencoba cara memasak beras hitam? Yuk, beli beras hitam organik kami DI SINI.


4. Perhatikan perbandingan air saat memasak beras hitam

Agar hasilnya pulen, kamu juga harus memerhatikan perbandingan beras hitam dan air saat memasaknya. Banyak orang yang bingung dengan perbandingan air saat memasak nasi. Jika kamu ingin menghasilkan nasi yang sangat pulen, perbandingan beras hitam dan airnya adalah 1:2 (1 gelas beras + 2 gelas air).

Memasak beras hitam bisa dengan dimasak di panci atau menggunakan rice cooker. Waktu memasaknya adalah 25 sampai 30 menit atau hingga air terserap habis, tergantung takaran beras hitam kamu.

Pastikan air telah terserap sempurna pada setiap biji beras saat memasak. Bila memasak dengan panci, masak dengan api kecil atau sedang saja.


5. Diamkan sebentar setelah dimasak

Saat nasi dari beras hitam tersebut sudah matang, jangan langsung buka tutup dan aduk nasi. Melainkan didiamkan terlebih dahulu selama 10-15 menit. Tujuannya yaitu agar nasi tidak terlalu lembek dan berair. Bila sudah agak kering, aduk nasi agar tidak menggumpal. Hal ini juga dilakukan agar nasi lebih empuk dan pulen.

Nah, itulah cara memasak beras hitam yang benar agar hasilnya lebih pulen dan empuk. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika kamu tertarik untuk memasak beras hitam, kamu bisa membelinya di pasar, supermarket, atau beras hitam organik kami DI SINI.

Sumber: http://blog.sayurbox.com/5-cara-memasak-beras-hitam/


Posting Komentar

0 Komentar