Minum Madu Tidak Boleh Pakai Sendok Logam, Benarkah?


Banyak mitos berkaitan dengan madu yang beredar di masyarakat. Salah satunya adalah larangan mengambil madu menggunakan sendok berbahan stainless steel dan logam lainnya. 

Konon katanya, stainless steel dan juga jenis logam lainnya bisa mengurai logam dan mengubah komposisi madu. 

Namun ternyata, hal tersebut hanyalah mitos belaka. 

“Mengonsumsi madu boleh menggunakan sendok dari bahan apa saja. Plastik, kayu, atau stainless steel,” kata Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternaklan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., pada Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Menurut Asnath, informasi tersebut sama sekali tidak benar. Walaupun madu bersifat asam tetapi tidak akan memengaruhi logam dalam waktu yang singkat. 

Ketika kamu mengambil madu menggunakan sendok stainless steel, waktu interaksi madu dengan sendok tersebut sangatlah singkat. Hanya saat berpindah dari wadah ke mulut saja. 

Alhasil, tidak ada efek apa pun yang dihasilkan dari interaksi tersebut.

Jangan simpan madu dalam wadah logam

Walaupun begitu, Asnath membenarkan bahwa logam memang bisa memengaruhi komposisi madu. Hanya jika madu dan logam berinteraksi dalam waktu yang cukup lama. 

Ia menyarankan untuk tidak menyimpan madu dalam wadah yang terbuat dari bahan logam. Apalagi jika kamu akan menyimpannya dalam waktu lama. 

“Dikhawatirkan sifat asam pada madu dapat memengaruhi logam dan terjadi perubahan komposisi madu. Menyimpan madu paling baik dalam botol kaca, kemudian botol plastik yang memenuhi standar,” pungkasnya.

Sumber: Kompas.com 


Madu Mentah Asli 100% Rekomendasi Kami

Makel adalah Madu klanceng/kelulut, 100% madu klanceng asli, madu mentah & organik yang berkualitas tinggi, cocok untuk terapi pengobatan. => Selengkapnya <=

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<