Hasil Penelitian: Air Laut Jakarta Tercemar Obat-obatan, Termasuk Paracetamol


Sebuah studi mengungkapkan air laut di wilayah DKI Jakarta terkontaminasi obat-obatan, termasuk paracetamol. Konsentrasi obat demam ini ditemukan tinggi di Angke dan Ancol.

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Science Direct pada Agustus 2021, para ahli menganalisis sampel air yang diambil dari empat lokasi di Jakarta dan satu di pantai utara Jawa Tengah.

Empat titik yang diambil sampelnya di DKI yakni Angke, Ancol, Tanjung Priok, dan Cilincing.

Hasilnya menunjukkan bahwa parameter melebihi batas Baku Mutu Air Laut Indonesia, dan beberapa logam juga ada. Menariknya, konsentrasi tinggi parasetamol terdeteksi di Angke (610 ng/L) dan Ancol (420 ng/L), keduanya ada di Teluk Jakarta.

"Ini adalah studi pertama yang melaporkan keberadaan paracetamol (acetaminophen) di perairan pesisir di sekitar Indonesia," ungkap peneliti.


Dugaan Awal Penyebab Cemaran Paracetamol di Air Laut DKI

Sebenarnya apa penyebab pencemaran tersebut?

"Seharusnya tidak ada ya paracetamol di air laut. Kita paham ya bahwa paracetamol itu mudah dibeli, tidak perlu resep dokter, jadi penggunaannya berlebihan," kata peneliti LIPI Zainal Arifin kepada detikcom, Sabtu (2/10/2021).

Kandungan paracetamol di dalam air diduga karena manajemen penanganan limbah yang kurang baik yang membuat kotoran tidak terurai dengan baik.

"Waste water treatment kita kurang baik, tidak bisa menyaring dengan baik. Kalau kita konsumsi secara berlebihan itu kan akan terbuang melalui air seni atau feses kita masuk ke septic tank, sistem limbahnya kurang bagus apalagi di masyarakat ekonomi lemah," jelasnya.

"Bisa dari rumah sakit dan perusahaan farmasi juga. Tapi ini terkait dengan sistem pengelolaan air limbah di rumah sakit dan perusahaan farmasi yang tidak terkelola dengan baik sehingga sisa-sisa obat atau limbah masuk ke air," sambungnya.

Studi tersebut menjelaskan konsentrasi tinggi yang terdeteksi, dibandingkan dengan tingkat lain yang dilaporkan dalam literatur ilmiah, meningkatkan kekhawatiran tentang risiko lingkungan yang terkait dengan paparan jangka panjang dan, terutama, dampak pada peternakan kerang di dekatnya. 


Ingin Sungai-sungai di Indonesia Aman dari Limbah Medis? Ini Solusinya!

Kita tidak bisa lagi mengabaikan fakta bahwa air laut di sekitar Jakarta telah terkontaminasi oleh obat-obatan, termasuk paracetamol, yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa lokasi seperti Angke dan Ancol. 

Penelitian terbaru ini menjadi alarm penting untuk tindakan segera. Kami mengajak Anda untuk mendukung proyek Healindonesia yang tengah berjuang untuk mengurangi tingkat sampah medis serta memberikan edukasi tentang penanganan yang benar. 

Dengan bergabung bersama kami, Anda bisa turut berperan dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat. Mari bersama-sama kita berinvestasi dalam masa depan yang lebih bersih dan sehat untuk Indonesia.  >> DONASI SEKARANG <<

Sumber:

  • https://bit.ly/3EXuKvH
  • https://bit.ly/3EIGVvS

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<