Makanan yang Baik Dikonsumsi dan yang Perlu Dihindari oleh Penderita Miom


Jika mengidap mioma, selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan. Beberapa makanan secara klinis dapat membantu mengecilkan ukuran miom bahkan sampai menghilangkannya.


Makanan yang Dapat Membantu Mengecilkan Miom

Miom adalah sejenis tumor jinak yang terdapat dalam organ reproduksi wanita seperti di rahim atau indung telur.

Meskipun jenis tumor ini tidak berisiko kanker, tapi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada wanita seperti nyeri hebat saat haid, pendarahan serta komplikasi kehamilan.

Sebenarnya miom adalah kondisi yang cukup umum terjadi pada wanita di usia subur. Untuk mengobati miom, dokter akan meresepkan sejumlah obat-obatan hormonal ataupun melakukan operasi pengangkatan.

Namun, kebanyakan miom dapat hilang dengan sendirinya jika keseimbangan hormonal Anda terjaga.

Berikut ini sejumlah rekomendasi makanan untuk mengecilkan miom yang baik Anda dikonsumsi.


1. Buah dan Sayur

Melansir The Journal of Obstetrics and Gynaecology Research, sebuah studi yang dilakukan di Nanjing, Cina, menunjukkan bahwa diet dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur efektif untuk menurunkan risiko mioma uteri.

Ini karena buah dan sayur kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memperparah kondisi tumor.


2. Sayuran Persilangan (Aneka Macam)

Sebenarnya semua jenis sayuran hijau baik untuk Anda konsumsi, tetapi jenis sayuran persilangan lebih direkomendasikan sebagai makanan untuk mengecilkan miom. Contohnya seperti pokcoy, brokoli, kubis, kembang kol, lobak merah, lobak putih, bayam, dan kale.


3. Buah-buahan Kaya Kalium

Adapun jenis buah untuk menghilangkan miom adalah yang banyak mengandung kalium seperti pisang, alpukat, kurma, sitrus lemon, dan tomat.


4. Teh Hijau

Melansir jurnal Dove Press, konsumsi teh hijau secara rutin dapat meredakan gejala-gejala mioma uteri dan mengecilkan ukurannya. Ini karena kandungan epigallocatechin gallate pada ekstrak teh hijau yang dapat digunakan sebagai terapi untuk mengobati miom.


5. Susu Tinggi Kalsium

Susu kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor. Zat-zat ini terbukti efektif untuk mengatasi miom pada tubuh. Untuk itu, cobalah rutin minum susu tinggi kalsium setiap hari.


6. Makanan Kaya Vitamin D

Selain kalsium, studi dari jurnal Epidemiology menyebutkan adanya hubungan antara vitamin D dengan penurunan risiko mioma uteri.

Makanan kaya vitamin D yang dapat Anda konsumsi untuk mengecilkan miom seperti ikan salmon, bayam dan kale.


7. Kacang Lentil

Lentil adalah kacang-kacangan yang diperoleh dari biji tumbuhan seperti kacang polong, kacang hijau, kacang merah.

Melansir International Journal of Molecular Science, lentil mengandung polifenol dan zat anti-inflamasi yang dapat mencegah perkembangan sel tumor sert kanker.


8. Pasta atau Sereal dari Gandum Utuh

Untuk mengecilkan miom, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula dan bebas gluten seperti pasta dan sereal yang terbuat dari gandum utuh.

Melansir The American Journal of Clinical Nutrition, studi pada 21 ribu lebih wanita menopause menunjukkan bahwa diet rendah gula efektif untuk menurunkan risiko miom atau fibroid.


Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Miom


Selain mengonsumsi makanan untuk mengecilkannya, Anda juga perlu tahu pantangan makanan penderita miom. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kedelai dan olahannya seperti tempe, tahu, susu kedelai dan lain-lain karena banyak mengandung fitoestrogen yang memicu pertumbuhan miom.
  2. Makanan yang mengandung gula karena memicu peningkatan kadar gula darah yang dapat memperparah miom.
  3. Makanan yang terlalu asin karena dapat memicu tekanan darah tinggi yang buruk untuk penderita miom.

Intinya, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk bantu mengecilkan miom dan membuat tubuh sehat serta bugar.

Link referensi: https://hellosehat.com/wanita/fibroid-rahim/makanan-untuk-mengecilkan-miom/


Paket Terapi Pengobatan untuk Mioma Tanpa Operasi



Paket alami yang kaya antioksidan, multimineral, multivitamin, omega 3 dan asam laurat yang dirancang khusus untuk mengobati berbagai macam kanker, tumor, kista dan mioma.

Paket terdiri dari:

  • 1 botol MMO (Mazanta Magic Oil) 250ml.
  • 1 botol Mazanta VCO 1 liter.


ATURAN KONSUMSI

Untuk Stadium 1-4:

  • MMO dikonsumsi 3x1 sdm sehari.
  • Mazanta VCO dikonsumsi 3x4 sdm sehari. Bisa juga terbalik dikonsumsi 4x3 sdm sehari. (3 hari pertama konsumsi 3x1 sdm sehari untuk penyesuaian)
  • Keduanya boleh dikonsumsi setengah jam sebelum makan atau 1-2 jam sesudah makan.
  • Jika masih minum obat kimia, berikan jarak waktu sekitar 1-2 jam antara obat kimia dengan produk Mazanta.
  • Makin tinggi stadiumnya maka proses penyembuhan akan makin lama.


Kami juga punya koleksi resep menu sehat untuk mencegah dan pengobatan mioma yang bisa Anda lihat DI SINI. Ada 100 lebih resep, sehingga Anda tidak lagi bingung mau masak apa selama terapi pengobatan. {alertSuccess}

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<