Manfaat Lada Hitam yang Ampuh Atasi Kanker dan Meningkatkan Libido Pria


Manfaat lada hitam selama ini lebih populer sebagai penyedap rasa pada masakan. Tanpa lada hitam masakan akan terasa hambar atau ada rasa yang kurang.

Karena itulah bubuk lada biasa disediakan terpisah di rumah makan agar konsumen bisa menambahkan apabila rasa makanan yang dihidangkan dianggap kurang sedap.

Lada (Piper Albi Linn) yang populer dengan sebutan merica atau sahang ini memiliki cita rasa yang pedas, agak pahit dan hangat. Hasil bumi ini pernah menjadi tanaman yang dieksploitasi penjajah.

Lada hitam (Piper nigrum) juga disebut emas hitam karena harganya yang bisa tinggi. Bahkan lada disebut raja rempah atau The King of Spice. Apalagi rempah merupakan komoditas dunia yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Lada itu sendiri ada sekitar 40 varietas dan umumnya berbeda di berbagai daerah. Ada lada jenis Belantung dan Kerinci di Lampung, ada jenis Chunuk atau Merapin di Bangka, hingga varietas Bengkayang di Kalimantan.

Lada hitam maupun lada putih sebenarnya dari tanaman yang sama. Namun saat panen dilakukan berbeda dengan menyisakan adanya kulit buah yang akan berwarna gelap setelah dikeringkan. Lada hitam ini pula yang harganya mahal.

Rasa pedas dan hangat dari herbal ini memberikan manfaat lada hitam untuk kesehatan. Karena lada hitam mengandung zat piperin, chavicin dan piperanin, lutein, beta karoten, zeaxanthine, cryptoxanthine, dan lycopene. Sedangkan aromanya yang menyengat karena kandungan terpentin.

Selain itu lada hitam juga mengandung zat  karbohidrat, zat  protein dan piperin (alkaloid), resin, dan amilum. Lada juga kaya kandungan kimia, seperti minyak lemak, minyak lada, pati dan bersifat antipiretik.

Lada hitam mengandung kalori, riboflavin (vitamin B), vitamin K, mangaan, magnesium, kalsium, potasium, kromium, zat besi, tembaga, fosfor dan zink. Kandungan ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.


Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan yang Mengejutkan

Banyaknya kandungan kimia dalam tanaman ini membuatnya sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini berbagai manfaat lada hitam untuk kesehatan yang mungkin akan mengejutkan Anda.


Melancarkan Sistem Pencernaan

Kebanyakan orang sudah maklum dengan khasiat lada hitam yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan merica ini bersifat carminitive yang ampuh mencegah menumpuknya gas dalam perut sekaligus meningkatkan fungsi pankreas.


Menangkal Kanker

Sejumlah penelitian membuktikan manfaat lada hitam yang bersifat efek anti proliferasi dan anti kanker yang ampuh dalam menangkal dan mencegah kanker. Terlebih kanker prostat, kanker payudara, kanker tulang dan kanker kolon.


Meningkatkan Vitalitas Pria

Pengobatan tradisional mengenal khasiat lada hitam bagi pria khususnya dalam meningkatkan vitalitas kaum pria. Hal ini diperkuat penelitian kandungan zink, magnesium dan rasa pedas lada mampu meningkatkan kesuburan dan libido pria.


Meningkatkan Kerja Otak

Manfaat lada hitam yang cukup mengejutkan adalah khasiatnya dalam melindungi kesehatan otak sekaligus meningkatkan fungsinya. Bahkan kandungan piperine dalam merica berfungsi menenangkan dan mencegah stress.


Menyembuhkan Konstipasi dan Diare

Meskipun rasanya yang agak pedas namun merica hitam juga berkhasiat dalam meredakan diare dan gangguan konstipasi. Hal ini karena kandungannya yang juga bersifat diuretik yang baik mengatasi problem BAB.


Menyembuhkan Penyakit Flu, Pilek dan Batuk

Manfaat lada hitam juga sudah dipraktekkan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit flu, pilek dan batuk. Masyarakat biasanya akan membuat seduhan lada hitam yang dihirup baunya dan diminum airnya.


Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan senyawa piperine dalam lada hitam sangat berkhasiat dalam meredakan tekanan darah, termasuk dalam mengontrol agar tidak naik turun. Bahkan herbal ini berguna menjaga stabilitas tekanan darah.


Baik untuk Program Diet Menurunkan Berat Badan

Manfaat lada hitam ternyata baik dalam mempercepat pembakaran lemak menjadi energi. Herbal ini juga ampuh dalam menangkal pembentukan dan membuang timbunan lemak. Hal ini baik untuk Anda yang sedang program diet guna menurunkan berat badan.


Menangkal Penyakit Infeksi

Kandungan dalam lada hitam juga bersifat anti bakterial yang berkhasiat melemahkan membran bakteri dan membunuh sel bakteri. Ini karena adanya kandungan fitokimia dalam herbal ini seperti limonene, pinene, sabinene dan caryophillene.


Itulah berbagai manfaat lada hitam untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Dengan khasiatnya, bumbu dapur ini bisa digunakan untuk kondisi darurat sebelum ditangani medis. 

Referensi: https://www.harapanrakyat.com/2019/12/manfaat-lada-hitam/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<