3 Manfaat Alang-Alang, Salah Satunya Mempercepat Penyembuhan Luka


Meskipun dikenal sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma, ternyata alang-alang memiliki khasiat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh manusia. Alang-alang sejak lama digunakan manusia sebagai obat tradisional penyembuh penyakit seperti jantung, darah tinggi, panas dalam, dan lain-lain. 

Semua bagian tumbuhan alang-alang dapat dimanfaatkan untuk bahan pengobatan, mulai dari akar, batang, hingga daunnya. Kandungan yang dimiliki alang-alang begitu beragam seperti manitol, glukosa, coixol, arundoin, anemonin, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Dilansir dari ejournal2.litbang.kemkes.go.id, berikut ini bebarapa manfaat-manfaat alang-alang bagi kesehatan: 


1. Mempercepat penyembuhan luka

Tumbuhan alang-alang mempunyai kandungan silika yang dapat berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, dengan mengonsumsi minuman alang-alang secara rutin dapat berguna untuk mengurangi kemerahan, bengkak, dan keluarnya nanah atau air dari kulit manusia.


2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Kandungan antioksidan pada alang-alang berfungsi untuk menumbuhkan rambut secara alami. Antioksidan ini juga berkhasiat untuk mengurangi kerusakan pada rambut akibat paparan radikal bebas serta dapat mengurangi kerontokan.


3. Mempercepat pengeluaran urine

Diuretik adalah kandungan pada alang-alang yang membuat manusia lebih mudah mengeluarkan urine dari tubuh. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti adanya penyakit batu ginjal.

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1504338/3-manfaat-alang-alang-salah-satunya-mempercepat-penyembuhan-luka/full&view=ok


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<