Ukuran Pinggang Orang yang Sering Minum Soda Dibanding yang Tidak atau Jarang

Orang dewasa yang mengonsumsi minuman ringan soda diet cenderung mengalami peningkatan ukuran pinggang dibandingkan yang tak mengonsumsinya.

"Makin banyak orang minum soda diet, garis pinggangnya kian lebar," kata Sharon Fowler, peneliti di University of Texas Health Science Center di San Antonio, AS.

Kenaikan ukuran pinggang rata-rata orang yang tak mengonsumsi soda 2 sentimeter. Kenaikan ukuran pinggang rata-rata mereka yang hanya sesekali minum soda diet 4 cm dan mereka yang kerap minum soda diet 8 cm. Kajian itu tercatat dalam Journal of the American Geriatrics Society, 17 Maret 2015.

Studi yang dimulai sembilan tahun lalu itu mengkaji 749 orang Meksiko-Amerika dan Eropa-Amerika berusia 65 tahun ke atas. Para peneliti menanyakan pola minum soda diet dan mengukur lingkar pinggang, tinggi, serta berat mereka.

Peningkatan ukuran lingkar pinggang biasanya terkait kenaikan timbunan lemak di perut. Itu meningkatkan risiko kesehatan seperti serangan jantung. Studi sebelumnya, pada Konferensi Stroke Internasional 2011 di Los Angeles, AS, dipaparkan konsumsi soda diet tiap hari meningkatkan risiko stroke dan jantung. (LIVESCIENCE/ICH)

Sumber: TRIBUNNEWS.COM





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<