Tips Hilangkan Batu Empedu dengan Air Kelapa Hijau Bakar

Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu.

Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu.


Gejala Batu Empedu

Kondisi penyakit batu empedu atau kolelitiasis yang ringan jarang menimbulkan gejala. Penderitanya mulai dapat merasakan gejala jika saluran empedu tersumbat akibat pengendapan batu empedu.

Gejala utama batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala di atas atau gejala yang muncul disertai demam, menggigil, mata dan kulit berwarna kuning, atau sakit perut berlangsung hingga lebih dari 8 jam.


Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.


Apa Solusinya? Terapi Air Kelapa Hijau Bakar!

Secara medis konvensional, jika kondisi sudah parah dokter akan menyarankan operasi pengangkatan kantung empedu (kolesistektomi) atau konsumsi obat. Meski demikian, penggunaan obat jarang dilakukan karena kurang efektif dalam mengobati batu empedu.

Jika Anda tidak ingin menjalani operasi pengangkatan kantung empedu, Anda bisa memakai cara alami yang praktis tapi sangat efektif yaitu minum air kelapa hijau bakar.

Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

(1) Siapkan 3 buah kelapa hijau berukuran besar, atau biasa ciri sabut bagian dalamnya berwarna merah keunguan jika ujung kulit atas buah kelapa tersebut sedikit dikupas. 

Buah kelapa seperti ini memang agak jarang namun rupanya juga tidak terlalu sulit didapat karena banyak penjual kelapa muda yang bisa menyediakannya tentunya dengan harga yang lebih tinggi dari kelapa biasa.

(2) Kupas sedikit bagian pangkalnya dan lubangi, lalu sedikit airnya dikurangi agar tidak tumpah jika di bakar di atas kompor hingga airnya mendidih. 

(3) Setelah air kelapanya mendidih dengan terlihat banyaknya gelembung udara dan uap yang keluar dari kelapa itu maka matikan api dan biarkan beberapa saat agar dingin dan jika sudah dingin segera di minum sampai habis dengan menggunakan sedotan atau bisa juga dituang dalam gelas.

(4) Habiskan 3 butir kelapa ini dalam 3 hari (tiap hari 1 butir kelapa), dimana waktu meminumnya yang terbaik adalah pada malam hari sebelum tidur. 

Untuk memastikan tingkat kesembuhan, jalani USG untuk melihat apakah batu empedunya sudah hilang atau belum. Jika masih ada sisa, lakukan lagi prosedur di atas sampai batu empedunya hilang.


PS: Mau tahu bagaimana mengobati berbagai macam penyakit ringan, menengah bahkan parah dengan memakai air kelapa, daging kelapa, santan dan minyak kelapa? Silahkan Anda pelajari ilmunya DI SINI.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<