Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gagal Ginjal


Apa itu gagal ginjal?

Ginjal Anda adalah sepasang organ yang terletak di punggung bawah Anda. Satu ginjal ada di setiap sisi tulang belakang Anda. Mereka menyaring darah dan mengeluarkan racun dari tubuh. Ginjal mengirim racun ke kandung kemih, yang kemudian tubuh Anda mengeluarkan racun saat buang air kecil.

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal Anda kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah Anda. Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan dan fungsi ginjal Anda, seperti:

  • paparan toksik terhadap polutan lingkungan atau obat-obatan tertentu,
  • penyakit akut dan kronis tertentu,
  • dehidrasi parah,
  • trauma ginjal.

Tubuh Anda menjadi kelebihan racun jika ginjal Anda tidak dapat melakukan pekerjaannya secara teratur. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal, yang dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani.


Gejala gagal ginjal

Biasanya seseorang dengan gagal ginjal akan mengalami beberapa gejala penyakit. Terkadang tidak ada gejala yang muncul. Gejala yang mungkin terjadi meliputi:

  1. jumlah urin yang berkurang,
  2. pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki akibat retensi cairan yang disebabkan oleh kegagalan ginjal untuk menghilangkan limbah air,
  3. sesak napas yang tidak bisa dijelaskan,
  4. kantuk atau kelelahan yang berlebihan,
  5. mual terus-menerus,
  6. kebingungan,
  7. nyeri atau tekanan di dada Anda,
  8. kejang,
  9. koma.


Tanda awal gagal ginjal

Gejala penyakit ginjal tahap awal mungkin sulit ditentukan. Mereka seringkali halus dan sulit diidentifikasi. Jika Anda mengalami tanda-tanda awal penyakit ginjal, itu mungkin termasuk:

  1. penurunan keluaran urin,
  2. retensi cairan yang menyebabkan pembengkakan pada tungkai,
  3. sesak napas.


Penyebab gagal ginjal

Gagal ginjal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi atau penyebab. Penyebabnya biasanya juga menentukan jenis gagal ginjal.

Orang yang paling berisiko biasanya memiliki satu atau lebih penyebab berikut:


Kehilangan aliran darah ke ginjal

Hilangnya aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba dapat menyebabkan gagal ginjal. Beberapa kondisi yang menyebabkan hilangnya aliran darah ke ginjal antara lain:

  1. sebuah serangan jantung,
  2. penyakit jantung,
  3. jaringan parut pada hati atau gagal hati,
  4. dehidrasi,
  5. sebuah luka bakar yang parah,
  6. sebuah reaksi alergi,
  7. infeksi yang parah, seperti sepsis.
Obat tekanan darah tinggi dan anti inflamasi juga dapat membatasi aliran darah.


Masalah eliminasi urin

Ketika tubuh Anda tidak dapat mengeluarkan urin, racun menumpuk dan membebani ginjal. Beberapa jenis kanker dapat menyumbat saluran kemih, seperti:

  1. prostat (tipe paling umum pada pria),
  2. usus besar,
  3. serviks,
  4. kandung kemih.

Kondisi lain dapat mengganggu buang air kecil dan kemungkinan menyebabkan gagal ginjal, termasuk:

  1. batu ginjal
  2. sebuah prostat membesar
  3. pembekuan darah di dalam saluran kemih Anda
  4. kerusakan pada saraf yang mengontrol kandung kemih Anda


Penyebab lainnya

Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan gagal ginjal antara lain:

  1. sebuah gumpalan darah di atau sekitar ginjal;
  2. infeksi;
  3. kelebihan racun dari logam berat;
  4. obat-obatan dan alkohol;
  5. vaskulitis, radang pembuluh darah;
  6. lupus , penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada banyak organ tubuh;
  7. glomerulonefritis, peradangan pada pembuluh darah kecil di ginjal;
  8. sindrom uremik hemolitik, yang melibatkan kerusakan sel darah merah setelah infeksi bakteri, biasanya di usus;
  9. multiple myeloma, kanker sel plasma di sumsum tulang Anda;
  10. scleroderma, suatu kondisi autoimun yang mempengaruhi kulit Anda;
  11. purpura trombositopenik trombotik, kelainan yang menyebabkan pembekuan darah di pembuluh kecil;
  12. obat kemoterapi yang mengobati kanker dan beberapa penyakit autoimun;
  13. pewarna yang digunakan dalam beberapa tes pencitraan;
  14. antibiotik tertentu;
  15. diabetes yang tidak terkontrol.


5 jenis gagal ginjal

Ada lima jenis gagal ginjal:


Gagal ginjal prerenal akut

Aliran darah yang tidak mencukupi ke ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal prerenal akut. Ginjal tidak dapat menyaring racun dari darah tanpa aliran darah yang cukup. Jenis gagal ginjal ini biasanya dapat disembuhkan setelah dokter menentukan penyebab dari aliran darah yang menurun.


Gagal ginjal intrinsik akut

Gagal ginjal intrinsik akut dapat terjadi akibat trauma langsung pada ginjal, seperti benturan fisik atau kecelakaan. Penyebabnya juga termasuk kelebihan toksin dan iskemia, yaitu kekurangan oksigen ke ginjal.

Berikut ini dapat menyebabkan iskemia:

  • pendarahan hebat,
  • syok,
  • obstruksi pembuluh darah ginjal,
  • glomerulonefritis.


Gagal ginjal prerenal kronis

Ketika tidak ada cukup darah yang mengalir ke ginjal untuk waktu yang lama, ginjal mulai menyusut dan kehilangan kemampuan untuk berfungsi.


Gagal ginjal intrinsik kronis

Ini terjadi ketika ada kerusakan jangka panjang pada ginjal akibat penyakit ginjal intrinsik. Penyakit ginjal intrinsik berkembang dari trauma langsung pada ginjal, seperti perdarahan hebat atau kekurangan oksigen.


Gagal ginjal pasca ginjal kronis

Penyumbatan jangka panjang pada saluran kemih mencegah buang air kecil. Hal ini menyebabkan tekanan dan akhirnya kerusakan ginjal.


Tes gagal ginjal

Ada beberapa tes yang dapat dilakukan dokter Anda untuk mendiagnosis gagal ginjal.


Urinalisis

Dokter Anda mungkin mengambil sampel urin untuk menguji kelainan apa pun, termasuk protein atau gula abnormal di dalam urin.

Mereka mungkin juga melakukan pemeriksaan sedimen urin. Tes ini mengukur jumlah sel darah merah dan putih, mencari bakteri tingkat tinggi, dan mencari partikel berbentuk tabung dalam jumlah besar yang disebut cetakan seluler.


Pengukuran volume urin

Mengukur keluaran urin adalah salah satu tes paling sederhana untuk membantu mendiagnosis gagal ginjal. Misalnya, pengeluaran urin yang rendah mungkin menunjukkan bahwa penyakit ginjal disebabkan oleh penyumbatan saluran kemih, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit atau cedera.


Sampel darah

Dokter Anda mungkin memesan tes darah untuk mengukur zat yang disaring oleh ginjal Anda, seperti nitrogen urea darah (BUN) dan kreatinin (Cr). Peningkatan yang cepat pada level ini dapat mengindikasikan gagal ginjal akut.


Pencitraan

Tes seperti ultrasound, MRI, dan CT scan memberikan gambaran tentang ginjal itu sendiri serta saluran kemih. Ini memungkinkan dokter Anda untuk mencari penyumbatan atau kelainan pada ginjal Anda.


Sampel jaringan ginjal

Sampel jaringan diperiksa untuk menemukan endapan abnormal, jaringan parut, atau organisme menular. Dokter Anda akan menggunakan biopsi ginjal untuk mengambil sampel jaringan. Biopsi adalah prosedur sederhana yang biasanya dilakukan saat Anda bangun.

Dokter Anda akan memberi Anda anestesi lokal sehingga Anda tidak merasakan sakit apa pun. Mereka kemudian akan memasukkan jarum biopsi melalui kulit Anda dan turun ke ginjal Anda untuk mendapatkan sampel. Peralatan sinar-X atau ultrasonografi akan menemukan lokasi ginjal dan membantu dokter Anda dalam mengarahkan jarum.

Tes ini dapat membantu menentukan apakah ginjal Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Tes fungsi ginjal lainnya juga dapat membantu dokter Anda menentukan apa yang menyebabkan gejala.


Tahapan gagal ginjal

Gagal ginjal diklasifikasikan menjadi lima tahap. Ini berkisar dari sangat ringan (stadium 1) hingga gagal ginjal total (stadium 5). Gejala dan komplikasi meningkat seiring kemajuan tahapan.


Tahap 1

Tahap ini sangat ringan. Anda mungkin tidak mengalami gejala dan tidak memiliki komplikasi yang terlihat. Ada beberapa kerusakan.

Masih mungkin untuk mengelola dan memperlambat perkembangan dengan mempertahankan gaya hidup sehat. Ini termasuk makan makanan seimbang, olahraga teratur, dan tidak menggunakan produk tembakau. Menjaga berat badan yang sehat juga penting.

Jika Anda menderita diabetes, penting untuk mengelola gula darah Anda.


Tahap 2

Penyakit ginjal stadium 2 masih dianggap sebagai bentuk yang ringan, tetapi masalah yang dapat dideteksi seperti protein dalam urin atau kerusakan fisik pada ginjal mungkin lebih jelas.

Pendekatan gaya hidup yang sama yang membantu di tahap 1 masih digunakan di tahap 2. Juga bicarakan dengan dokter Anda tentang faktor risiko lain yang dapat membuat penyakit berkembang lebih cepat. Ini termasuk penyakit jantung, peradangan, dan kelainan darah.


Tahap 3

Pada tahap ini penyakit ginjal dianggap sedang. Ginjal Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyakit ginjal stadium 3 terkadang dibagi menjadi 3A dan 3B. Tes darah yang mengukur jumlah produk limbah dalam tubuh Anda membedakan keduanya.

Gejala mungkin menjadi lebih jelas pada tahap ini. Kemungkinan besar terjadi pembengkakan di tangan dan kaki, nyeri punggung, dan perubahan pada buang air kecil.

Pendekatan gaya hidup dapat membantu. Dokter Anda mungkin juga mempertimbangkan pengobatan untuk mengatasi kondisi penyebab gagal ginjal.


Tahap 4

Penyakit ginjal stadium 4 dianggap sedang sampai parah. Ginjal tidak bekerja dengan baik, tetapi Anda belum mengalami gagal ginjal total. Gejala dapat berupa komplikasi seperti anemia, tekanan darah tinggi, dan penyakit tulang.

Gaya hidup sehat tetap penting. Dokter Anda kemungkinan akan meminta Anda menjalani perawatan yang dirancang untuk memperlambat kerusakan.


Tahap 5

Pada tahap 5, ginjal Anda mendekati atau dalam keadaan gagal total. Gejala hilangnya fungsi ginjal akan terlihat jelas. Ini termasuk muntah dan mual, kesulitan bernapas, kulit gatal, dan banyak lagi.

Pada tahap ini, secara konvensional Anda diwajibkan untuk dialisis rutin atau transplantasi ginjal.



Pengobatan gagal ginjal

Ada beberapa pengobatan untuk gagal ginjal. Jenis perawatan yang Anda butuhkan akan bergantung pada penyebab gagal ginjal Anda.


Diet

Pengaturan pola makan atau diet ketat wajib dilakukan untuk gagal ginjal semua stadium. Dengan diet ketat, kerusakan bisa diminimalisir atau bahkan disembuhkan.


Terapi Suplemen & Herbal

Pemberian suplemen dan herbal bisa menggantikan pemberian obat kimia yang penuh efek samping, seperti misalnya baking soda, propolis, madu, minyak kelapa murni, minyak ikan dan sebagainya. Anda bisa melihat contoh paket suplemen dan herbal untuk gagal ginjal DI SINI.


Dialisis

Ini adalah tindakan favorit di medis konvensional. Dialisis menyaring dan memurnikan darah menggunakan mesin. Mesin tersebut menjalankan fungsi ginjal. Bergantung pada jenis dialisis, Anda mungkin dihubungkan ke mesin besar atau tas kateter portabel.

Anda mungkin perlu mengikuti diet rendah kalium, rendah garam bersama dengan dialisis.

Dialisis tidak menyembuhkan gagal ginjal, tetapi dapat membantu mengurangi kadar ureum dan kreatinin yang terlalu tinggi.


Transplantasi ginjal

Pilihan pengobatan paling akhir adalah transplantasi ginjal. Ginjal yang ditransplantasikan dapat bekerja dengan normal, dan dialisis tidak lagi diperlukan.

Biasanya menunggu lama untuk menerima donor ginjal yang cocok dengan tubuh Anda. Jika Anda memiliki donor hidup, prosesnya mungkin berjalan lebih cepat.

Anda harus minum obat penekan imun setelah operasi untuk mencegah tubuh Anda menolak ginjal baru. Obat ini memiliki efek sampingnya sendiri, beberapa di antaranya serius.

Operasi transplantasi mungkin bukan pilihan perawatan yang tepat untuk semua orang. Operasi juga mungkin tidak berhasil.


Diet gagal ginjal

Pedoman tentang apa yang Anda makan sering kali bergantung pada stadium penyakit ginjal yang Anda derita dan kesehatan pribadi Anda. Beberapa rekomendasi mungkin termasuk:

  • Batasi (bukan hilangkan) natrium dan kalium. Pantau seberapa banyak Anda mengonsumsi kedua nutrisi ini. Usahakan mengonsumsi keduanya kurang dari 2.000 miligram per hari.
  • Batasi (bukan hilangkan) fosfor. Seperti natrium dan kalium, ada baiknya untuk membatasi jumlah fosfor yang Anda makan dalam sehari. Cobalah untuk tetap di bawah 1.000 miligram.
  • Ikuti pedoman protein. Pada penyakit ginjal stadium awal dan sedang, Anda mungkin ingin mengurangi konsumsi protein. Namun, pada gagal ginjal stadium akhir, Anda mungkin makan lebih banyak protein, tergantung pada rekomendasi dokter Anda.

Di luar pedoman umum ini, Anda mungkin juga diminta untuk menghindari makanan tertentu jika Anda menderita penyakit ginjal .


Warna urine gagal ginjal

Warna urin Anda adalah jendela kecil menuju kesehatan tubuh Anda. Ini tidak memberi tahu Anda banyak tentang keadaan fungsi ginjal Anda sampai kerusakan ginjal berlanjut.

Namun, perubahan warna urin mungkin mengingatkan Anda tentang beberapa masalah.

  1. Kuning bening atau pucat. Warna ini menandakan Anda terhidrasi dengan baik. Ini adalah warna yang ideal dalam banyak kasus.
  2. Kuning tua atau kuning. Anda mungkin mengalami dehidrasi. Cobalah minum lebih banyak air dan kurangi soda gelap, teh, atau kopi.
  3. Oranye. Ini bisa menjadi tanda dehidrasi, atau mungkin juga tanda empedu di aliran darah Anda. Penyakit ginjal biasanya tidak menyebabkan ini.
  4. Merah muda atau merah. Urine dengan warna merah jambu atau sedikit merah bisa memiliki darah di dalamnya. Bisa juga disebabkan oleh makanan tertentu, seperti bit atau stroberi. Tes urine cepat bisa membedakannya.
  5. Berbusa. Urine dengan gelembung berlebih merupakan pertanda kemungkinan mengandung banyak protein di dalamnya. Protein dalam urin merupakan tanda penyakit ginjal.

Warna urine dapat menimbulkan tanda bahaya. Pelajari tentang penyebab umum warna dan apa yang paling mungkin memengaruhi warna kencing Anda.


Diabetes dan gagal ginjal

Diabetes adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal. Gula darah tinggi yang tidak terkontrol dapat merusak ginjal. Kerusakan bisa menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.

Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan besar dokter akan melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau gagal ginjal.

Risiko Anda untuk nefropati diabetik akan meningkat, seiring semakin lama Anda hidup dengan kondisi tersebut. Cari tahu faktor lain apa yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk jenis penyakit ginjal ini.


Harapan hidup gagal ginjal

Tidaklah mungkin untuk mengetahui dengan pasti berapa lama seseorang dengan gagal ginjal akan hidup. Setiap orang dengan gagal ginjal berbeda.

Secara medis konvensional dan umum, seseorang yang menjalani dialisis dapat berharap untuk hidup rata-rata 5 sampai 10 tahun selama mereka mengikuti pengobatannya. Secara medis holistik, pasien bisa bertahan lebih lama dari itu.

Beberapa faktor yang berperan dalam harapan hidup adalah:

  • usia,
  • stadium penyakit ginjal,
  • kondisi hidup berdampingan lainnya.

Orang muda di tengah-tengah gagal ginjal yang tidak memiliki faktor risiko atau kondisi lain yang menyulitkan kemungkinan akan hidup lebih lama daripada orang yang lebih tua dengan gagal ginjal stadium 4 atau stadium 5 plus diabetes atau penyakit kardiovaskular.

Transplantasi ginjal kemungkinan akan bisa bertahan sekitar 5 sampai 10 tahun. Mungkin saja untuk mendapatkan transplantasi kedua setelah transplantasi pertama gagal.


Gagal ginjal dan alkohol

Jika Anda mengalami gagal ginjal dan minum alkohol, ginjal Anda akan dipaksa bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Alkohol tidak dimetabolisme keluar dari sistem Anda, jadi Anda akan merasakan efeknya sampai Anda menerima dialisis untuk menyaringnya dari darah Anda.

Bir dan wine mengandung fosfor dalam jumlah besar. Ini dapat menyebabkan masalah jantung yang parah dan bahkan kematian jika ginjal Anda tidak dapat menyaringnya. Namun, kebanyakan minuman keras tidak memiliki risiko yang sama.

Jika Anda mengalami gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium lanjut, dokter Anda mungkin menyarankan Anda membatasi seberapa sering Anda minum alkohol. Bagi sebagian orang, menghilangkan alkohol sepenuhnya dari makanan adalah yang terbaik.

Minum alkohol dengan gagal ginjal dapat mengganggu fungsi normal organ lain. Seiring waktu, penggunaan alkohol yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit hati .

Penggunaan alkohol dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti nyeri. Cari tahu bagaimana meminum alkohol menyebabkan nyeri punggung dan pinggang.


Prognosis gagal ginjal

Prognosis, atau pandangan, untuk orang dengan gagal ginjal bergantung pada beberapa faktor. Ini termasuk penyebab yang mendasari, seberapa baik penyebab itu diobati, dan faktor komplikasi apa pun, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes.

Perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup sehat mungkin dapat meningkatkan fisik Anda. Makan makanan yang sehat, mengurangi makanan yang merusak ginjal, dan mengobati masalah yang mendasari dapat membantu memperpanjang kesehatan dan hidup Anda.


Pencegahan gagal ginjal

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko gagal ginjal.

Ikuti petunjuk saat mengonsumsi obat yang dijual bebas. Mengambil dosis yang terlalu tinggi (bahkan obat-obatan umum seperti aspirin) dapat membuat tingkat toksin yang tinggi dalam waktu singkat. Ini bisa membebani ginjal Anda.

Banyak kondisi ginjal atau saluran kemih yang menyebabkan gagal ginjal jika tidak dikelola dengan benar. Anda dapat membantu mengurangi risiko gagal ginjal dengan:

  • menjaga gaya hidup sehat,
  • mengikuti nasihat dokter atau ahli gizi Anda,
  • minum obat yang diresepkan sesuai petunjuk,
  • mengobati penyebab umum gagal ginjal, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang ginjal Anda, jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda terutama dokter holistik.


Link referensi: https://www.healthline.com/health/kidney-failure


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<