Minyak Kelapa Murni Meningkatkan Kadar Antioksidan, Baik untuk Penderita Gangguan Liver

Stres oksidatif yang disebabkan oleh Reactive Oxygen Species (ROS) dihasilkan terus menerus selama liver/hati mengalami gangguan. Stres oksidatif yang tak kunjung ditangani dengan baik, akan menyebabkan gangguan hati kronis yang dapat berakibat fatal.

ROS ini menyebabkan perubahan fungsi seluler dan merusak aktivitas rutin sel hati.

Untuk memerangi stres oksidatif yang dihasilkan dalam hati karena ROS, penting untuk melengkapi tubuh secara eksternal dengan makanan yang kaya antioksidan alami ataupun makanan yang meningkatkan produksi antioksidan.

Sebuah penelitian dilakukan pada 2006, yang bertujuan untuk mengetahui efek Virgin Coconut Oil terhadap stres oksidatif yang dihasilkan selama adanya gangguan hati. Analisis hasil menunjukkan respons positif dalam tubuh sehubungan dengan aktivitas antioksidan.

Tubuh kita menghasilkan beberapa enzim dengan sifat antioksidan yang menargetkan radikal bebas berbahaya ini dan menetralisirnya.

Beberapa enzim tersebut yaitu Superoksida dismutase dan Catalase. Mengkonsumsi Virgin Coconut Oil atau VCO (minyak kelapa murni) terbukti meningkatkan aktivitas enzim ini.

Faktor penting lain dalam stres oksidatif adalah proses Peroksidasi Lipid.

Oksidasi Low-Density Lipoprotein oleh radikal bebas memimpin produksi beberapa senyawa berbahaya yang bisa menyebabkan kondisi penyakit seperti aterosklerosis.

Ditemukan bahwa konsumsi Virgin Coconut Oil mampu secara signifikan mengurangi kadar lipid peroksida.

Apa artinya ini? Ini berarti: Konsumsi Minyak Kelapa dapat membantu memerangi radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama gangguan hati.

 

Tapi perlu dicatat: Pastikan Anda minum VCO yang asli dan berkualitas tinggi supaya terapi Anda tidak sia-sia. Jaman sekarang karena persaingan harga, banyak beredar VCO yang KW terbuat dari minyak kelapa RBD (kena proses kimiawi) atau dioplos dengan minyak kelapa yang dipanaskan.

Jika Anda ragu-ragu dengan VCO di luar sana, Anda bisa memesannya DI SINI. Atau bisa juga memakai formula khusus VCO kami yang baik untuk 1001 masalah kesehatan DI SINI.

 

Referensi:

healthyy.net/superfoods/benefits-of-coconut-oil-for-liver

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4081679/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19115123

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0308814605006412

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<