Tak Hanya Ampuh Bakar Lemak, Simak 5 Manfaat Intermitten Fasting

Banyak sekali jenis program diet yang bisa dilakukan saat ingin mengurangi berat badan. Salah satu diet yang cukup populer sekarang ini adalah intermitten fasting alias diet puasa.

Jenis diet yang satu ini banyak dilakukan karena termasuk diet yang simpel untuk dijalani. Selain bisa menurunkan berat badan, intermitten fasting juga memiliki beberapa manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh lho! Penasaran? Yuk simak 5 diantaranya berikut ini!

 

Membantu Proses Detoksifikasi

Detoksifikasi sangatlah bagus untuk tubuh kita. Saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh juga akan melakukan perbaikan dan mengeluarkan racun secara otomatis. Proses ini disebut dengan autophagy. Sebuah penelitian yang berjudul "Autophagy Suppresses Tumorigenesis through Elimination of p62" juga mengungkapkan bahwa peningkatan proses autophagy di dalam tubuh mampu melindungi kita dari berbagai macam penyakit seperti kanker dan alzheimer.

 

Baik Untuk Kesehatan Otak

Ketika kita melakukan intermitten fasting, sel-sel saraf baru akan meningkat. Nah, kondisi ini sangatlah baik bagi kesehatan otak kita. Selain itu, intermitten fasting juga bisa meningkatkan hormon brain-derived neutropic factor atau BDNF. Sebuah penelitian yang berjudul "The Roles of BDNF in the Pathophysiology of Major Depression and in Antidepressant Treatment" juga mengungkapkan bahwa hormon BDNF dapat mengoptimalkan kinerja otak menjadi lebih fokus, mengatasi depresi, serta masalah pada otak lainnya.

 

Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan Translational Research: The Journal of Laboratory and Clinical Medicine pada tahun 2014 lalu, orang yang menjalani intermitten fasting mengalami penurunan kadar gula darah hingga 3 sampai 6 persen. Bukan hanya itu saja! Dengan menjalani intermitten fasting, resistensi insulin juga berkurang 20 hingga 30 persen. Jadi, jenis diet yang satu ini bisa membantumu terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

 

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jika dilakukan dengan benar dan sesuai anjuran, diet intermitten fasting ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain diabetes, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa intermitten fasting bisa mengurangi faktor-faktor risiko penyakit jantung. Misalnya saja seperti kolesterol LDL, trigliserida, penanda inflamasi, gula darah, serta resistensi insulin.

 

Memperpanjang Umur

Terakhir, manfaat dari jenis diet yang satu ini adalah mampu memperpanjang usia. Hal ini juga telah dinyatakan dalam sebuah penelitian yang berjudul "Effects of Intermittent Feeding Upon Growth and Life Span in Rats" yang diterbitkan dalam jurnal "International Journal of Experimental, Clinical, Behavioral and Technological Gerontology" pada tahun 1982 lalu. Dengan melakukan diet puasa, hal ini mampu memperpanjang usia tikus hingga 83 persen. Meskipun hal ini belum dicoba pada manusia langsung, tapi intermitten fasting mampu memperpanjang umur karena memberikan banyak manfaat untuk metabolisme tubuh kita.

Sumber: MSN.com


PS: Mau ngga turun BB 4-10kg dalam sebulan tanpa obat diet, tanpa hitung kalori, tanpa ketosis, tanpa olahraga berat dan tetap bisa konsumsi karbohidrat, lemak, garam dan juga gula? 

Praktekkan aja Diet Goodway!

Penasaran pengen tahu tentang Diet Goodway, silahkan Anda klik DI SINI.


Posting Komentar

0 Komentar