Mengenal Khasiat Madu


Sebagai salah satu bahan pemanis unggulan di Diet Goodway, madu memiliki banyak manfaat kesehatan yang akan membantu Anda untuk bisa langsing, sehat dan awet muda jadi terwujud.

Manusia sudah memanfaatkan madu sejak 10.000 tahun lalu sebagai sumber makanan. Bahkan, paling tidak 2700 tahun lalu, bangsa Mesir sudah menggunakan madu sebagai pengobatan.

Madu adalah cairan kental berwarna coklat keemasan yang dihasilkan oleh lebah. Cairan ini lengket dan lebih manis daripada gula.

Madu dibentuk melalui proses yang menakjubkan, dimulai dari ketika lebah mengumpulkan nektar bunga. Nektar tersebut dikumpulkan di mulut lebah yang selanjutnya bercampur dengan air liur lebah. Proses kimia alami itulah yang mengubah nektar menjadi madu.

Lebah kemudian membawa madu ke sarang lalu menyimpannya di dinding-dinding sarang. Kepakan sayap lebah yang dimaksudkan untuk membuka ventilasi untuk mengurangi kelembabannya menjadi langkah final agar madu siap dikonsumsi.

Madu murni, yakni madu yang tidak mengalami pemanasan, memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Di dalam madu juga ditemukan substansi yang bersifat anti kanker dan anti tumor.

Berbeda dengan madu tidak murni. Hati-hati memberikan madu yang tidak murni kepada anak berusia kurang dari 18 bulan. Madu tidak murni diduga mengandung spora yang dapat menyebabkan keracunan di usus bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna. Keracunan tersebut akan ditandai dengan gejala lesu, konstipasi, dan kurang nafsu makan.

Madu tidak murni pun tidak akan dapat memberikan manfaat yang optimal seperti yang mampu disediakan oleh madu murni, seperti:

  1. Meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan sekaligus menghambat bakteri merugikan. Madu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, madu membantu menghambat bakteri yang merugikan seperti Helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak lambung.
  2. Memperbaiki dan melindungi sistem pencernaan karena efektif dalam mengatasi diare dengan cara membantu penyerapan elektrolit dan air sekaligus menghambat bakteri E.coli yang menyebabkan diare. Madu juga membantu memperlancar buang air besar, sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi/sembelit sekaligus mengatasi tukak lambung dan melindungi lambung dari risiko iritasi karena mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan tertentu.
  3. Meningkatkan penyerapan kalsium.
  4. Sebagai antioksidan tinggi karena madu mengandung vitamin C, asam organik, enzim, asam fenolik, dan flavonoid.
  5. Sebagai sumber energi yang baik.
  6. Sebagai pengganti gula sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.
  7. Mempercepat penyembuhan luka karena madu membuat luka cepat kering, mengurangi pembengkakan luka, dan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi.


Ada banyak sekali penelitian yang membuktikan manfaat-manfaat madu murni tersebut, di antaranya:

  • Mike McInnes, seorang pharmacist sekaligus psikolog, dalam presentasi berjudul “The Role of Honey in Restorative Sleep”, menunjukkan kalau madu membantu penyimpan glikogen yang cukup di dalam hati. Madu juga mengurangi stress karena mengandung antioksidan, mineral, unsur-unsur bioaktif lainnya.
  • Dr. David Baer dari USDA Agriculture Research Service Beltsville Human Nutrition Research Center meneliti mengenai manfaat madu bagi penderita diabetes melitus. Penelitannya membuktikan kalau toleransi badan terhadap madu lebih baik secara signifikan daripada ketika mengonsumsi sukrosa atau glukosa.
  • Jessica Beiler, MPH dari Penn State College of Medicine membuktikan madu merupakan pengobatan yang efektif bagi anak usia 7-18 tahun yang mengalami sulit tidur dan kerap batuk di malam hari.
  • Dr. Jamal Zidon telah melakukan penelitian mengenai efektifitas madu terhadap sistem daya tubuh di beberapa rumah sakit di Israel. Penelitian tersebut menyimpulkan kalau 32% penderita kanker menunjukkan peningkatan kualitas hidup setelah mengonsumsi madu.
  • Dr. Shona Blair dari University of Sydney, Australia, menyimpulkan kalau madu, walau pun dengan jumlah sedikit, sangat efektif melawan sekelompok besar bakteri dan jamur. Penelitian itu juga menyimpulkan kalau madu murni tidak memiliki efek samping.

 

Nah, untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan di atas, pastikanlah Anda memakai madu yang asli dan berkualitas tinggi. Anda bisa membeli madu di apotek, supermarket atau marketplace. Tapi jika Anda ragu dengan kualitas di luar sana, Anda bisa memesannya ke kami dengan cara klik DI SINI.


PS: Madu adalah salah satu dari pemanis yang dikonsumsi di Diet Goodway, sehingga Anda bisa langsing tanpa obat diet, tanpa hitung kalori, tanpa ketosis, tanpa olahraga berat dan tetap bisa konsumsi karbohidrat, lemak, garam juga gula!

Penasaran pengen tahu lebih lagi tentang Diet Goodway, silahkan Anda klik DI SINI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<