Apa yang Terjadi Jika Tidur Malam Anda Kurang? (Melanggar Kodrat)

Tidak cukup tidur dapat menurunkan gairah seks Anda, melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda juga dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan lalu lintas.

Berikut adalah detail dari apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda kurang tidur malam.


1. Anda Mudah Sakit

Kurang tidur malam dapat merusak kemampuan tubuh Anda dalam melawan penyakit. Ini membuatnya lebih mudah sakit.

Para peneliti bahkan menemukan hubungan timbal balik antara tidur dan sistem kekebalan tubuh.


2. Organ Jantung Anda Menderita

Baik durasi tidur pendek (kurang dari 5 jam per malam) dan durasi tidur panjang (9 jam atau lebih per malam) telah terbukti memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung, menurut analisis yang diterbitkan dalam European Heart Journal.

Secara khusus, peluang Anda terkena penyakit jantung koroner atau mengalami stroke akan meningkat dengan jam tidur yang kurang.


3. Risiko Kanker Anda Meningkat

Tidur singkat dikaitkan dengan tingkat kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat yang lebih tinggi. Pekerja shift malam dapat menerima beban terbesar dari beban ini.


4. Anda Tidak Bisa Berpikir dengan Baik

Bahkan melewatkan tidur cukup satu malam saja dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir) utama.

Fungsi otak termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah memburuk, seiring dengan kecepatan dalam berespons dan kewaspadaan.


5. Anda Jadi Pelupa

Tidak hanya kurang tidur membuat Anda jadi lebih pelupa, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa tidur berdampak pada pembelajaran dan memori.

Peneliti menyarankan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang kita pelajari di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang tepat untuk mengunci informasi baru dan memasukkannya ke memori.


6. Libido Anda Berkurang

Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah seks Anda.

Dalam satu studiTrusted Source, pria muda yang kehilangan tidur selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron. Tidur 5 jam atau lebih sedikit mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen.

Para pria juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka secara keseluruhan menurun dengan setiap malam berturut-turut istirahat terganggu.


7. Berat Badan Anda Naik

Kurang tidur bisa meningkatkan resiko obesitas.

Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun. Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam selama studi tiga tahun, lebih cenderung menambah berat badan dan akhirnya menjadi gemuk.

Mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam tidak memiliki kecenderungan ini.


8. Risiko Diabetes Anda Meningkat

Seiring dengan ukuran pinggang yang lebih besar, orang dewasa yang tidak cukup tidur (atau terlalu banyak) meningkatkan risiko terkena diabetes.

Para peneliti memeriksa 10 studi terpisah yang berfokus pada tidur dan diabetes. Temuan mereka menemukan bahwa 7 hingga 8 jam istirahat adalah rentang optimal untuk menghindari masalah insulin yang dapat menyebabkan diabetes.


9. Anda Rentan Kecelakaan

Anda tiga kali lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan lalu lintas jika Anda tidur malam kurang dari 6 jam, menurut National Sleep Foundation.

Orang yang paling rentan adalah pekerja shift malam, pengemudi komersial, pelancong bisnis, dan siapa pun yang bekerja dengan jam kerja yang panjang atau aneh. Berpikirlah dua kali sebelum duduk di belakang kemudi jika Anda kurang tidur.


10. Kulit Anda Menderita

Jika semua risiko kesehatan ini tidak meyakinkan Anda untuk tidur lebih banyak, setidaknya lakukan demi penampilan Anda.

Dalam satu studi, sekelompok orang antara usia 30 dan 50 dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki lebih banyak garis-garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan kelonggaran kulit yang nyata.


Penjelasan Sederhana Kenapa Anda Perlu Tidur Malam yang Cukup

Kenapa 10 hal di atas bisa terjadi pada Anda ketika kurang tidur malam? Alasan sederhananya adalah karena saat tidur malam, tubuh memproduksi berbagai hormon penting untuk tubuh kita. Jadi jika kurang tidur malam, hormon tersebut juga berkurang, termasuk hormon yang mengatur metabolisme pembakaran lemak serta hormon yang menjaga Anda tetap sehat dan awet muda.

Saat tidur malam, tubuh juga aktif membakar lemak, mencerna dan mendetoks apa yang ada di dalam tubuh kita. Artinya kurang tidur malam itu membuat proses pembakaran lemak berkurang, pencernaan dan detoks juga kurang. 

Tidur malam juga merupakan kesempatan besar bagi tubuh kita untuk istirahat serta meregenerasi beberapa sel yang telah mati. Jangan abaikan kedua proses ini supaya kesehatan Anda tidak terganggu.

Berapa lama Anda perlu tidur malam?

Tidur malam yang cukup bagi orang dewasa adalah 6-8 jam. Itu adalah kodratnya, jadi jangan melanggarnya. Jika melanggar kodrat terus-menerus, siap-siap saja Anda mendapatkan salah satu atau lebih dari 10 akibat di atas.


PS: Tidur malam yang cukup adalah bagian dari rutinitas Diet Goodway, sehingga Anda bisa langsing tanpa obat diet, tanpa hitung kalori, tanpa ketosis, tanpa olahraga berat dan tetap bisa konsumsi karbohidrat, lemak, garam juga gula!

Penasaran pengen tahu lebih lagi tentang Diet Goodway, silahkan Anda klik DI SINI.


Posting Komentar

0 Komentar