Jangan Lupa Tambahkan Minyak ke Menu Anda Supaya Sehat


Apa Anda penggiat raw food, food combining, eat clean, vegan, ketogenik atau pola makan sehat lainnya? Atau mungkin Anda pengen langsing? Jangan lupa kasih minyak ya dan jangan dihindari, walaupun Anda sedang dalam program pelangsingan.

Kenapa Anda perlu minyak/lemak tiap hari? Karena vitamin A, D, E, dan K hanya bisa larut dalam lemak, bukan dengan air. Jadi jika Anda kurang lemak, Anda akan kekurangan keempat vitamin ini. Akibatnya bisa fatal lho. Anda tinggal browsing apa saja dampaknya jika kekurangan keempat vitamin tadi.

Selain itu, salah satu bahan dasar produksi hormon dan sel tubuh kita adalah lemak. Jika Anda kurang lemak, itu artinya tubuh Anda kurang bahan dasar untuk memproduk hormon dan sel tubuh. Terbayang tidak kalau Anda kurang hormon dan tidak bisa regenerasi sel?

Mungkin ada yang bilang: "Khan karbohidrat bisa diubah jadi lemak oleh tubuh!"

Well, masalahnya: untuk memproses karbohidrat jadi lemak itu meningkatkan produksi hormon insulin. Kalau kebanyakan insulin, Anda bisa menderita diabetes type 2 dimana tubuh sudah resistant terhadap insulin.

Selain itu, untuk membuat karbo jadi lemak juga butuh nutrisi lainnya untuk memprosesnya. Artinya, Anda boros nutrisi! Eh, belum lagi, lemak dari karbo itu lebih susah dibakar jadi energi ketimbang lemak asli.

Tapi jangan sembarang konsumsi lemak ya. Jaman sekarang banyak sekali lemak yang jahat (bikin sakit), misal: minyak kedelai, canola oil, corn oil, dan minyak trans lainnya yang kebanyakan diproses/ disuling.

Konsumsilah minyak kelapa, minyak ikan, zaitun, wijen, almond dan minyak lainnya yang bisa dibuat dengan metode tradisional. Minyak yang hanya bisa diproduksi via mesin canggih (tidak bisa cara tradisional), itulah minyak yang tidak sehat.

PS: Lemak yang baik justru menyehatkan jantung, dibutuhkan penderita kolesterol tinggi, asam urat, hipertensi dan obesitas. Lemak jahat justru menyebabkan itu semua.

Dt Awan (Andreas Hermawan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<