Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Jika Tak Ingin Kesulitan Bangun Pagi!


Apakah Anda merasa sulit bangun di pagi hari?

Jika iya, coba perhatikan beberapa serangkaian masalah yang akan membuat pagimu lebih sulit lagi dijalani dan ingin tidur kembali.

Bahkan, meski Anda tidur cukup delapan jam sehari Anda masih mungkin merasa lelah. Lebih jauh, Anda mungkin terkejut menemukan alasannya.

Dilansir dari Step to Health, berikut 5 kesalahan yang harus Anda hindari agar bangun dengan lebih sehat:

1. Tidak melakukan rutinitas sehari-hari

Tidak memiliki rutinitas sehari-hari akan membuat bangun pagi jauh lebih sulit dilakukan. Penting untuk diingat bahwa hidup kita diatur oleh ritme jam biologis tertentu.

Jika kita tidak mengikuti rutinitas, maka siklus jam biologis ini akan terputus. Akibatnya, Anda akan merasakan kantuk dan kelelahan. Inilah mengapa penting untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari.

2. Jangan menghabiskan akhir pekan di tempat tidur

Meski ini terdengar seperi ide bagus, namun jangan menghabiskan akhir pekan di tempat tidur.

Jika pada hari kerja Anda tidur antara 5 hingga 6 jam dan kemudian pada akhir pekan waktu itu berlipat ganda, Anda akan mengubah ritme biologis tubuh Anda. 

Semua ini dapat menyebabkan risiko yang lebih tinggi dari timbulnya diabetes tipe-2, penyakit kardiovaskular, dan obesitas.

3. Jangan tunda alarm Anda

Jika Anda memilih untuk melanjutkan tidur beberapa menit lagi setelah alarm berbunyi, itu tidak ada manfaatnya.

Satu-satunya hal yang akan terjadi adalah Anda akan kembali dalam fase tidur yang lebih dalam dan ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih lelah.

4. Jangan biarkan lampu menyala

Ketika retina mata melihat cahaya, produksi hormon melatonin melambat.

Hormon ini bertanggung jawab untuk mengatur ritme sirkadian dan ini bisa menyebabkan gangguan tidur. Ini tidak hanya terjadi dengan cahaya alami, tetapi juga jika kita melihat lampu berkedip di televisi atau LED telepon.

Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mematikan peralatan apa pun di kamar tidur.

5. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan akan membantu jam biologis Anda bekerja dengan benar. Ingatlah bahwa jika Anda menunggu terlalu lama hingga makan pertama, tubuh Anda akan meningkatkan kadar kortisol Anda , hormon stres.

Sumber: Intisari Online



Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<