Sudah Makan Banyak Tapi Masih Lapar Terus? Coba Cara Ini!


Jika Anda makan banyak tapi tetap lapar itu bisa jadi karena apa yang Anda makan tersebut kurang bergizi. Ada banyak khan di sekitar kita yang terlihat porsinya besar, tapi ternyata nilai gizinya rendah?! Nah, oleh karena kekurangan gizi itulah tubuh kita mengeluarkan signal rasa lapar, sampai kita benar-benar makan sesuatu untuk mencukupi gizi yang kurang tersebut.

Jadi intinya adalah pastikan apa yang Anda makan itu benar-benar bergizi, bukan sekedar berjumlah banyak. Utamakanlah kualitas, bukan kuantitas.

Namun ada baiknya juga jika Anda mengenal beberapa teknik unik untuk menahan rasa lapar dengan trik khusus menggunakan gula pasir, madu atau minyak kelapa. Nama teknik ini adalah Shangri-la Diet, ditemukan oleh Profesor Seth Roberts yang menggunakan tubuhnya sendiri sebagai laboratorium percobaan.

Prinsip diet Shangri-la adalah memanipulasi modulasi rasa lapar (Seth Roberts menyebutnya set point/titik setel) dengan memanfaatkan hubungan rasa dan kalori pada gula pasir, madu, dan minyak tertentu, seperti misalnya minyak kelapa murni. Orang-orang yang melakukan diet ini rasa laparnya akan menurun, membuat jadi tidak rakus lagi, membantu penurunan berat badan, tanpa adanya efek samping.


Cara Menahan Rasa Lapar dengan Memakai Gula Pasir

Untuk membantu mengurangi rasa lapar dan menurunkan berat badan dengan gula pasir, caranya sangat sederhana: Larutkan 1 sendok makan gula pasir dengan segelas air kira-kira 250 ml. Saya sarankan Anda memakai air yang hangat sekali, yang akan membuat Anda meminum air gula ini pelan-pelan (menyesapnya), sehingga tubuh tidak terlalu cepat mencerna gulanya. Dengan demikian, kadar gula darah Anda tidak naik dengan cepat. Tapi bagi penderita diabetes, lebih baik Anda menggunakan minyak atau teknik diet lainnya, bukan gula pasir.

Minumlah air gula ini minimal 2 kali sehari, satu jam sebelum/sesudah makan. Makin lama jarak antara Anda minum air gula dengan makan, makin efektif diet ini. Misal: diminum 2-3 jam sesudah sarapan dan 2 jam sesudah makan siang. Atau bisa juga diminum 2 jam sebelum makan siang dan 2 jam sebelum makan malam. Yang penting jangan diminum KURANG DARI satu jam sebelum/sesudah makan.

Jangan pilih gula pasir yang warnanya putih sekali, karena gula pasir jenis ini telah terkontaminasi dengan bahan kimia pemutih sehingga menurunkan kualitas gulanya. Jangan pula menambahkan air gula ini dengan bahan lainnya untuk menambah rasa, seperti misalnya menambahnya dengan teh, lemon, dll. Metode ini tidak akan berhasil dengan cara ini. Jangan pula memakai pemanis buatan karena pemanis buatan tidak mengandung kalori. Yang Anda perlukan adalah kalori gula asli, bukan rasa manisnya.

Bagi Anda yang mungkin malas menyiapkan air gula setiap hari, dimana Anda harus menyiapkan air panas, kemudian mengaduk gula tersebut. Anda bisa memasukkan larutan air gula tersebut ke dalam botol minuman untuk keperluan sehari. Anda tinggal membuka tutup botolnya, kemudian meminum air gula kapan saja Anda mau.


Cara Menahan Rasa Lapar dengan Madu

Madu memang dikabarkan bisa untuk menurunkan berat badan, tapi jika asal mengkonsumsinya, Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal atau tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Jadi perlu trik atau teknik khusus sehingga madu benar-benar bisa menurunkan berat badan dengan maksimal tanpa menimbulkan efek samping.

Triknya seperti ini…

  1. Larutkan 1 sendok makan madu dengan segelas air. Berapa banyak airnya itu terserah Anda, karena yang mempengaruhi adalah banyaknya kalori dalam madu, bukan airnya.
  2. Untuk penggunaan madu, Anda tidak boleh menggunakan air panas atau yang suhunya di atas 39 derajat celcius, supaya nutrisi dalam madu tidak rusak. Jangan juga memakai air dingin es karena air dingin akan menurunkan metabolisme Anda.
  3. Minumlah air madu ini minimal 2 kali sehari.
  4. Satu jam sebelum minum air madu dan satu jam sesudah minum air madu, Anda dilarang konsumsi lainnya kecuali air putih. Bahkan obat, suplemen, sikat gigi, permen pun jangan dikonsumsi di interval waktu satu jam sebelum dan 1 jam sesudah minum air madu.
  5. Makin lama jarak antara Anda minum air madu dengan makan besar, makin efektif diet ini. Misal: diminum 2-3 jam sesudah sarapan dan 2 jam sesudah makan siang. Atau bisa juga diminum 2 jam sebelum makan siang dan 2 jam sebelum makan malam.
  6. Lakukan aktivitas harian Anda seperti biasa, bahkan Anda tidak harus olahraga ataupun kurangi porsi makan dengan terpaksa karena Anda dengan sendirinya akan berkurang nafsu makannya.

Bagi Anda yang mungkin malas menyiapkan air madu setiap hari, dimana Anda harus menyiapkan air kemudian madu tersebut dan mengaduknya. Anda bisa memasukkan larutan air madu tersebut ke dalam botol minuman untuk keperluan sehari. Anda tinggal membuka tutup botolnya, kemudian meminum air madu kapan saja Anda mau.


Cara Menahan Rasa Lapar dengan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau dalam bahasa kerennya adalah VCO (Virgin Coconut Oil) bisa dipakai untuk menahan rasa lapar sekaligus memperbaiki metabolisme pembakaran lemak. Walaupun minyak, tapi VCO justru tergolong lemak baik yang bisa bantu menurunkan berat badan.

Carilah VCO yang tanpa rasa, atau dalam penampilannya VCO ini berwarna putih bening seperti air. Ada juga VCO berwarna putih kekuningan, tapi jangan pilih yang ini karena kualitasnya masih kalah dengan VCO yang berwarna putih bening seperti air putih.

Cara penerapannya: Minumlah 1 sendok makan VCO minimal 2 kali sehari, satu jam sebelum/sesudah makan (diminum langsung tanpa dicampur apa-apa). Makin lama jarak antara Anda minum VCO dengan makan, makin efektif diet ini. Misal: diminum 2-3 jam sesudah sarapan dan 2 jam sesudah makan siang. Atau bisa juga diminum 2 jam sebelum makan siang dan 2 jam sebelum makan malam. Yang penting jangan diminum kurang dari satu jam sebelum/sesudah makan.

Di sini Anda juga tidak perlu khawatir kolesterol akan naik setelah meminum VCO, karena VCO tergolong minyak yang menyehatkan dan non-kolesterol.

Anda bisa membeli VCO di apotek terdekat, tapi pastikan yang Anda beli nanti adalah yang asli, organik, tidak tengik, tanpa pemanasan dan bukan oplosan. Jika Anda ragu dengan kualitas di luar sana, silahkan Anda memesannya di mazanta.com.


Jangan Dekat dengan Konsumsi Lainnya

Perlu Anda ingat bahwa jarak antara mengonsumsi air gula, air madu atau VCO tidak boleh dekat dengan konsumsi lainnya, misal: makanan utama, ngemil, minum teh, kopi, dan minuman lainnya (air putih tidak termasuk hitungan), minum obat/jamu, suplemen, termasuk juga sikat gigi. Ini karena untuk supaya mencegah rasa dan kalori dari sarana diet (SL) Shangri-La jangan sampai bercampur dengan makanan dan minuman lainnya.

Oleh karena itu perlu diberikan jarak minimal 1 jam sebelum/sesudah makan (jarak 2-3 jam akan lebih baik lagi). Jika terlalu dekat jaraknya dengan makanan dan minuman lain (kecuali air putih), tubuh tidak akan menyetel rasa lapar Anda ke posisi yang lebih rendah sehingga diet SL tidak akan berhasil dan Anda tetap merasakan rasa lapar yang mengganggu.

Dt Awan (Andreas Hermawan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<