Jangan Langsung Masak Bawang Putih Setelah Digerus


Studi menunjukkan bahwa membiarkan bawang putih tumbuk setelah digerus dan tidak buru-buru mengolahnya lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Siapa tak kenal bawang putih? Bumbu dapur yang satu ini, selain nikmat juga memiliki berjuta manfaat. Untuk dapat memaksimalkan manfaat herbal bawang putih, ternyata Anda disarankan untuk tak buru-buru mengolahnya usai digerus.

Konon, setelah bawang putih selesai digerus, Anda sebaiknya membiarkan bawang tersebut selama kurang lebih 10 menit. Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan bawang selama 10 menit, maka akan membuat bawang mengeluarkan lebih banyak kandungan antikanker dibandingkan dengan bawang yang langsung dimasak setelah digerus.

Mengapa demikian? Setelah bawang selesai digerus, maka akan keluar enzim dari sel yang hancur. Enzim tersebut membutuhkan waktu 10 menit agar bisa bekerja secara maksimal.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Penn State College of Health and Human Development menunjukkan bahwa periode tunggu selama 10 menit setelah bawang dihancurkan akan membuat enzim yang berasal dari sel bawang berinteraksi dengan komponen kimia lainnya.

Proses penggerusan bawang akan membuka sel bawang dan menyebabkan keluarnya enzim. Selanjutnya enzim akan bereaksi dengan sel lainnya dan menghasilkan komponen kimia allyl sulfur.

Komponen  yang dihasilkan dari reaksi enzim inilah yang sangat berperan sebagai zat antikanker pada bawang. Bila bawang dipanaskan atau dipanggang segera setelah digerus, maka enzim akan mati karena proses pemanasan dan efek antikankernya pun akan hilang.

Pemanasan bawang langsung segera setelah dihancurkan, baik dengan menggunakan microwave atau dipanggang, dapat menurunkan komponen antikanker tersebut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa proses pemanasan langsung dengan menggunakan microwave selama semenit atau dengan pemanggangan dengan oven selama 45 menit juga dapat menghilangkan komponen antikanker di dalam bawang.

Pada metode pemanggangan bawang, komponen antikanker bisa tetap dipertahankan apabila bagian atas dan bawah bawang dipotong sebagian sebelum dipanaskan.

Jadi, jangan terlalu cepat memasak bawang putih setelah digerus, ya! Perhatikan jangka waktu 10 menit yang dibutuhkan agar komponen enzim di dalam bawang bekerja dengan maksimal, sehingga manfaat yang Anda terima juga semakin optimal.

Sumber: https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/jangan-langsung-masak-bawang-putih-setelah-digerus


*Mau tahu cara bikin permen, camilan dan minuman manis yang baik untuk kanker? Dapatkan resepnya DI SINI.

**Butuh konsultasi untuk masalah kanker, tumor, mioma dan kista Anda? Silahkan Chat via WA DI SINI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<