Cara Periksa Payudara Sendiri, Deteksi Kanker Sejak Dini


Dua perempuan di Boyolali, Jawa Tengah menjadi korban penipuan dan kekerasan seksual berkedok layanan vaksinasi. Mereka diminta mengirimkan foto payudara dengan dalih untuk pemeriksaan kanker payudara.

Pemeriksaan kanker payudara tak bisa dilakukan melalui sekadar foto. Namun, Anda bisa melakukan deteksi dini dengan periksa payudara sendiri. Cara ini lebih aman karena dilakukan seorang diri tanpa harus mengirim foto atau memperlihatkan payudara pada orang lain.

Cara cek kanker payudara dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang dikenal dengan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Langkah ini sudah dikampanyekan Kementerian Kesehatan sejak beberapa tahun lalu.

Memeriksa payudara sendiri bisa dilakukan pada 7-10 hari setelah menstruasi.


Berikut langkah SADARI, cara periksa payudara sendiri:

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting. Jangan khawatir pada bentuk payudara kanan dan kiri yang tidak simetris.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku, dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara. Dorong pula siku ke belakang dan amati bentuk serta ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang. Lalu, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung. Dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan atau kontraksikan otot dada. Amati jika terdapat perbedaan.

4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.

Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Amati jika terdapat cairan yang keluar. Periksa ke dokter jika terdapat cairan yang keluar dari puting.

6. Pada posisi tidur, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Amati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Segera periksa ke dokter jika terdapat cairan yang keluar dari payudara.

Lakukan periksa payudara sendiri secara rutin setiap bulan untuk mendeteksi kanker payudara. Kanker payudara yang dideteksi dini dapat diobati dan disembuhkan.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210802115306-255-675161/cara-periksa-payudara-sendiri-deteksi-kanker-sejak-dini


Rekomendasi Terapi Alami untuk Tumor dan Kanker Payudara

Jika Anda mengalami tumor atau kanker payudara dan tidak ingin dioperasi serta khawatir dengan efek samping kemoterapi yang menyakitkan, Anda bisa menggunakan terapi alami DI SINI.

Butuh konsultasi terlebih dahulu? Silahkan Anda mengkonsultasikan masalah kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<