8 Ciri-ciri Kista Ovarium, Kondisi Umum yang Sering Dialami Wanita


Kista ovarium merupakan salah satu masalah yang umum dialami oleh wanita. Terdapat sejumlah ciri-ciri kista ovarium yang bisa dirasakan oleh wanita yang mengidapnya. Meski demikian, kista ovarium umumnya tidak menimbulkan gejala.

Dikutip dari NHS, kista ovarium sendiri merupakan kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium. Kebanyakan kista ovarium muncul secara alami dan akan hilang dalam beberapa bulan tanpa membutuhkan penanganan.

Perlu diketahui, ovarium merupakan organ yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Terdapat masing-masing 1 ovarium pada kedua sisi rahim. Ovarium memiliki dua fungsi utama, yakni:

  1. Melepaskan sel telur setiap 28 hari sebagai salah satu bagian dari siklus menstruasi.
  2. Melepaskan hormon estrogen dan progesteron yang memiliki peran penting pada reproduksi.

Mengutip Mayo Clinic, terdapat sejumlah faktor risiko yang bisa menyebabkan timbulnya kista pada ovarium, yaitu:

  1. Masalah hormon.
  2. Kehamilan.
  3. Endometriosis.
  4. Infeksi parah pada panggul.
  5. Memiliki riwayat kista ovarium.

Ketika kista muncul di ovarium, biasanya dapat mempengaruhi kedua ovarium dalam waktu bersamaan. Namun, bisa juga hanya mempengaruhi salah satu dari dua ovarium.

Terdapat ciri-ciri kista ovarium yang bisa dialami oleh wanita yang mengidapnya. Namun, gejala atau ciri tersebut biasanya hanya akan dirasakan apabila kistanya terbelah atau pecah, berukuran sangat besar, atau menghalangi suplai darah ke ovarium.

Berikut ciri-ciri atau gejalanya:

  1. Nyeri pada tulang panggul.
  2. Sakit saat berhubungan intim.
  3. Kesulitan mengosongkan isi perut.
  4. Sering merasa ingin buang air kecil.
  5. Haid berat, haid tidak teratur, atau haid lebih ringan dari biasanya.
  6. Perut kembung dan bengkak.
  7. Sering merasa sangat kenyang meski hanya makan sedikit.
  8. Kesulitan hamil (meski kesuburan biasanya tidak dipengaruhi oleh kista ovarium).

Apabila Anda mengalami sejumlah ciri-ciri kista ovarium tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk dilakukan ultrasound scan.

Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi dini jika terdapat kista pada ovarium. Perhatikan pula siklus menstruasi bulanan, lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala tidak biasa saat menstruasi.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5584975/8-ciri-ciri-kista-ovarium-kondisi-umum-yang-sering-dialami-wanita

Kami juga punya koleksi resep menu sehat untuk mencegah dan pengobatan kista yang bisa Anda lihat DI SINI. Ada 100 lebih resep, sehingga Anda tidak lagi bingung mau masak apa selama terapi pengobatan. {alertSuccess}


PS: Apa kista atau mioma Anda sudah terlalu besar tapi Anda tidak ingin operasi? Silahkan Anda dapatkan obat alaminya DI SINI.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<