Berbagai Manfaat Air Sari Tebu untuk Kesehatan

Manfaat air tebu memang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam air tebu inilah yang memberikan manfaat kesehatan bagi kita. Seperti kandungan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium.

Terutama bagi para penderita diabetes dan insomnia, air tebu bisa dijadikan pilihannya. Rasanya juga manis, tetapi tidak semanis gula pada umumnya. Bahkan masalah otot dan pencernaan juga bisa diatasi dengan air tebu ini. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa dan serat tinggi dalam air tebu.


Kandungan Gizi Air Tebu

Air tebu adalah minuman manis alami yang dibuat dengan cara memeras batang tebu. Sari tebu yang terkumpul lalu disaring lebih dulu sebelum bisa dikonsumsi. Anda dapat membuatnya sendiri secara manual atau membeli produk jadi dalam kemasan botol.

Meskipun tebu merupakan bahan baku gula pasir yang umum dikonsumsi, minuman ini bisa dibilang lebih menyehatkan daripada air gula biasa. Ini karena tebu mengandung zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

Satu gelas air tebu sebanyak 240 mililiter memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

  • Kalori: 183 kkal
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Gula: 50 gram
  • Serat: 0 – 13 gram

Melansir buku "Sugarcane Biotechnology: Challenges and Prospects", perasan tebu juga mengandung vitamin A, B1 hingga B6, C, dan E. Selain vitamin, segelas air tebu juga memberikan tubuh beragam mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Jika Anda mencari makanan atau minuman yang menjadi sumber antioksidan, air tebu bisa menjadi salah satunya. Menurut sebuah penelitian pada 2014, minuman ini kaya akan antioksidan berupa asam fenolat, quercetin, caffeic acid, dan ellagic acid.


Manfaatnya untuk Kesehatan

Perlu diketahui juga bahwa manfaat air tebu bisa membantu mencegah penyakit-penyakit serius. Misalnya saja seperti kolesterol tinggi dan penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa polifenol dalam air tebu. Polifenol ini yang dapat membantu menyehatkan tubuh secara maksimal dan mampu membantu mengurangi stres oksidatif.

Secara tradisional masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kangker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor dibagian perut. Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir saja. 

Berikut penjelasan mengenai manfaat air tebu yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Cegah Diabetes

Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes” paparnya ketika ia ditemui TRUBUS. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.

Begitu juga bagi orang tanpa diabetes tipe 2, air tebu dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, bagi penderita diabetes tipe 2 lebih baik untuk tetap berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum mengonsumsi air tebu ini.


2. Melelapkan Tidur

Air tebu mengandung beberapa asam amino. Asam amino inilah yang nantinya dapat membantu melelapkan tidur, karena hormon stres juga menjadi lebih seimbang. Mengonsumsi air tebu  dapat menenangkan pikiran dan mampu membuat kualitas tidur lebih baik. 


3. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi pria yang memiliki masalah pada tekanan darah, tidak perlu kawatir lagi. Kandungan kalium dalam air tebu ini dapat membantu mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Sehingga tekanan darah yang dialami dapat secara efektif diturunkan atau dikendalikan. Tak hanya itu, air tebu juga dapat mengurangi risiko arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke.


4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tebu mengandung senya octacosanol sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Menurut hasil riset National center for scientific Research Havana Kuba. Octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diu produksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA--Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.

Pasien diabetespun aman mengkonsumsi tebu. Sebab, pemberian policasanol 10 mg per hari menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL –Kolesterol meningkat 11,3%.


5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa mengonsumsi air tebu dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena manfaat air tebu yang dapat mendetoksifikasi dan melindungi fungsi pusat detoksifikasi tubuh via urin.

Minum air tebu juga bisa dijadikan solusi terbaik mencegah dan menyingkirkan batu ginjal. Karena biasanya batu ginjal terbentuk akibat mengalami dehidrasi. Mengonsumsi air tebu secara rutin membantu untuk menghancurkan dan melarutkan batu ginjal. 


6. Menambah Energi

Pria tentu membutuhkan lebih banyak energi jika dibandingan dengan wanita. Rupanya, air tebu ini bisa membantu menambah energi secara alami pada tubuh pria (serta wanita). Hal ini disebabkan karena glukosa alami dalam air tebu dapat membantu meningkatkan energi.

Tebu mengandung beberapa bahan aktif, elektrolit dan glukosa alami, yang dapat meningkatkan energi dan stamina pada tubuh. Hal ini disebabkan karena mereka dapat membantu merangsang metabolisme dalam tubuh.


7. Hidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh jelas penting sekali untuk kita. Jika kekurangan cairan atau dehidrasi terus-menerus, jelas akan membuat kemungkinan batu ginjal akan terbentuk. Seperti saat cuaca panas dan berkeringat, tubuh tentu kehilangan banyak sekali cairan. Dan dengan mengonsumsi air tebu ini, tubuh akan lebih mudah terhidrasi.


8. Mengendalikan Stres

Lebih banyak orang yang mengalami stres, utamanya mengenai pekerjaan. Hingga membuat banyak orang juga mengalami insomnia setiap malam. Nah, asam amino yang terkandung dalam air tebu ini ternyata dapat membantu mengatasinya.

Selain asam amino, ada triptofan dan magnesium yang juga mampu menyeimbangkan kadar hormon stres dan menginduksi tidur. Sehingga air tebu ini dapat membantu mengatasi gangguan tidur misalnya saja seperti insomnia.


9. Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi ini sering dialami oleh para perokok aktif. Untungnya, air tebu mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium dan fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, kalsium dan fosfor pada air tebu juga dapat membantu melindungi enamel gigi, melindungi dari pembusukan, dan memperkuat gigi juga. Dosis tinggi nutrisi dalam air tebu inilah yang dapat membantu melawan bau mulut karena kekurangan nutrisi.


10. Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga kesehatan rambut tentu penting sekali untuk wanita maupun pria. Nah, kekurangan gizi inilah yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Jika kekurangan nutrisi, tentu rambut akan menjadi kusam dan seolah tak bernyawa. Hal ini juga terjadi jika tubuh kekurangan mineral tertentu. Dan air tebu ini merupakan sumber multi mineral yang sangat baik dan sangat mampu mendukung pertumbuhan rambut.


11. Mencegah Sakit Tenggorokan dan Flu

Penyakit tenggorokan dan flu tentu bisa menyerang siapa saja, termasuk pria dan wanita. Nah dengan meminum segelas air tebu secara teratur, sangat bisa membantu menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit, misalnya sakit flu, sakit pilek, dan sakit tenggorokan. Air tebu ini juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik saat udara panas atau juga dingin.


12. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat juga menjadi idaman banyak orang, karena kulit sehat merupakan cermin dari hidup sehat. Kandungan asam alfa hidroksi, khususnya asam glikolat inilah yang dapat mengambil peran sebagai anti-oksidan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, manfaat air tebu ini dapat membersihkan peradangan kulit, infeksi, mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, noda, perubahan warna, dan bekas luka.


13. Menguatkan Otot

Meminum air tebu dua kali sehari ternyata juga dipercaya mampu meningkatkan kekuatan otot. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa dalam air tebu yang dapat membantu menguatkan tubuh dan otot.


Aturan Konsumsi untuk Terapi Kesehatan

Untuk keperluan pengobatan dari penyakit tertentu, Anda bisa mengkonsumsi air tebu sebanyak 2x250ml sehari atau 2x1 gelas sehari. Waktu yang ideal adalah saat perut kosong, bisa juga seperti 30 menit sebelum makan atau 1-3 jam sesudah makan.

Mungkin Anda ragu untuk langsung konsumsi air tebu karena masalah kesehatan Anda yang unik atau ada banyak komplikasi kesehatan. Jika benar demikian, Anda bisa mengkonsultasikan masalah kesehatan Anda DI SINI.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<