Banyak Konsumsi Cokelat Menurunkan Resiko Diabetes Mellitus Gestational pada Wanita Jepang

Banyak mengkonsumsi cokelat sebelum kehamilan terkait dengan rendahnya resiko diabetes mellitus gestational (GDM) pada wanita Jepang. 

Para peneliti di Jepang percaya bahwa merekalah yang pertama kali meneliti hubungan antara konsumsi coklat dan GDM. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Nutrition.

Cokelat sebelumnya didokumentasikan dalam studi intervensi dan observasi tentang efek menguntungkannya pada tekanan darah, resistensi insulin, dan diabetes tipe 2, tetapi tidak pernah pada GDM.


Metode

Sebanyak 84.948 wanita sehat direkrut selama tiga tahun, dengan usia kehamilan rata-rata 12  minggu.

GDM didiagnosis menggunakan tes toleransi glukosa oral. Selama masa kehamilan, 1904 kasus GDM (2,2%) telah teridentifikasi.

Asupan makanan partisipan dinilai menggunakan kuesioner frekuensi makanan, termasuk makanan dan asupan minuman selama 12 bulan terakhir sebelum mereka direkrut.

Ukuran porsi coklat ditetapkan pada 25g. Peserta dikelompokkan menjadi empat kuartil, dengan median konsumsi coklat bervariasi yaitu sebesar 0, 11.7, 37.5, dan 87.5 g / minggu.


Makin Banyak Cokelatnya, Makin Rendah Resikonya

Studi tersebut menemukan bahwa wanita dalam kuartil konsumsi cokelat tertinggi, dibandingkan dengan mereka yang berada di kuartil terendah, memiliki risiko pengembangan GDM yang secara signifikan lebih rendah (p = 0,002).

Namun, para peneliti mengatakan konsumsi cokelat yang lebih tinggi juga terkait dengan asupan yang lebih tinggi dari total daging, daging merah, kopi, teh hijau, isoflavon kedelai, magnesium pada makanan, lemak makanan, makanan ringan, dan energi total.

Mereka menambahkan: "Bahkan setelah mengendalikan faktor risiko penting, temuan dari analisis kami menunjukkan bahwa konsumsi cokelat yang lebih tinggi berhubungan dengan risiko GDM yang lebih rendah secara signifikan. "

Menurut mereka, salah satu kemungkinan mekanisme yang mendasari hubungan terbalik konsumsi coklat dengan risiko GDM mungkin terkait dengan perbaikan resistensi insulin.

Beberapa penelitian sebelumnya telah melaporkan adanya perbaikan resistensi insulin oleh karena konsumsi produk kakao (misalnya: camilan cokelat, minuman kakao) pada subjek berusia 24 hingga 42 tahun.

Selain itu, hasil dari uji coba berikutnya yang dilakukan pada 90 orang lanjut usia menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam penilaian model homeostasis untuk resintansi insulin (HOMA-IR), indeks resistensi insulin yang umum, setelah 8 minggu konsumsi minuman kakao.

Meskipun tidak ada penelitian sebelumnya yang mengamati hubungan cokelat dengan GDM, hubungan antara keduanya, yaitu konsumsi cokelat dan risiko diabetes tipe 2 telah diteliti dalam beberapa penelitian.

Analisis yang dikumpulkan menunjukkan bahwa konsumsi cokelat lebih tinggi, dibandingkan dengan konsumsi cokelat yang lebih rendah, dikaitkan dengan penurunan 18% risiko diabetes tipe 2.


Keterbatasan

Para peneliti menyadari beberapa keterbatasan penelitian.

“Kandungan lemak, gula, dan polifenol bervariasi menurut jenis coklat, tetapi data tentang jenis coklat, seperti penelitian kohort sebelumnya pada penelitian cokelat, tidak tersedia [dalam penelitian ini]. Perbandingan resiko GDM antara cokelat hitam, susu, dan cokelat putih tidak dapat dilakukan, dan apakah hubungan yang diamati dikaitkan dengan polifenol kakao juga tidak dapat diuji.”

Meskipun mereka mengamati cokelat susu tampaknya menjadi cokelat yang paling banyak dikonsumsi di Jepang. Kue manis dan snack bar tidak dimasukkan sebagai coklat dalam penelitian ini.

Para peneliti juga menemukan bahwa ukuran sampel yang besar dapat membuat perbedaan yang sangat kecil antar kelompok menjadi signifikan secara statistik.

Mereka berkata, "Studi kami memberikan bukti pertama bahwa konsumsi cokelat yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko GDM yang lebih rendah," tapi juga menyarankan bahwa studi kohort lebih lanjut yang dirancang dengan baik di antara populasi lain serta uji coba terkontrol secara acak yang menggunakan GDM sebagai titik akhir dapat dilakukan.

Penemuan ini telah dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya: "Apa semua cokelat bisa untuk diabetes?" Jawabannya: Tentu saja tidak semua jenis cokelat di pasaran bisa untuk pengobatan diabetes. Untuk pengobatan, jangan pakai cokelat susu, apalagi cokelat putih. Jangan juga memakai minuman cokelat instan yang murah di pasaran.

Untuk versi camilan, carilah camilan cokelat hitam tanpa susu dan krim dimana jenis ini masih ada flavanoid epikatekin-nya. Untuk versi bubuk, carilah bubuk cokelat hitam yang masih ada lemak cokelatnya. 

Jika Anda ragu dengan kualitas cokelat hitam di luar sana, Anda memakai Cocoa Flvnol kami yang bisa Anda lihat dan pesan DI SINI.

Anda juga bisa melihat semua varian produk cokelat berkualitas kami DI SINI.

Referensi: https://www.nutraingredients-asia.com/Article/2019/10/01/Higher-consumption-of-chocolate-linked-to-lower-risk-of-gestational-diabetes-in-Japanese-women


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<