Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah Pasien Gangguan Ginjal

Dr. Tienush Rassaf, dari University Hospital Essen di Jerman, dan rekannya ingin menguji manfaat flavanol kokoa (cokelat murni) pada pasien dengan masalah ginjal.

Sekelompok 57 pasien yang menjalani dialisis diberi minuman uji yang kaya akan flavanol kokoa (900 mg per hari) atau minuman kontrol tanpa flavanol kokoa - tetapi dengan kandungan nutrisi yang sama dengan minuman uji di semua aspek lainnya.

Setelah 30 hari, para peneliti menemukan bahwa flavanol kokoa dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah diastolik. Efek ini tidak ada pada kelompok yang mengonsumsi minuman kontrol.

Dr. Rassaf mengatakan:

“Secara mengesankan, tingkat pemulihan disfungsi pembuluh darah sebanding dengan efek yang diamati melalui pemberian statin atau perubahan pola makan dan gaya hidup. Apakah pendekatan ini juga mengarah pada penurunan angka kematian masih belum jelas dan harus diselidiki.”

Dalam editorial yang menyertainya, Dr. Carmine Zoccali dan Dr. Francesca Mallamaci, dari National Research Council Institute of Clinical Physiology (CNR-IFC) di Italia, mencatat bahwa “beban penyakit kardiovaskular pada pasien dialisis begitu menghancurkan sehingga intervensi yang menjanjikan seperti flavanol kokoa layak mendapat perhatian penuh oleh komunitas nefrologi."

Mereka menambahkan bahwa jika penelitian lebih lanjut mengkonfirmasi temuan tersebut, mereka dapat menandai perubahan mendasar dalam perawatan pasien.

Artikel ini juga menunjukkan, bagaimanapun, bahwa flavanol sering hilang dalam proses pembuatannya, dan untuk mengkonsumsi 900 mg sehari, diperlukan persiapan khusus.

Perlu dicatat bahwa penelitian di atas menggunakan cokelat hitam yang tingkat antioksidannya sangat tinggi, bukan cokelat kualitas rendah. Camilan cokelat maupun bubuk cokelat dipasaran kadar flavanolnya sudah banyak berkurang oleh karena proses pembuatan konvensional.

Jika Anda butuh cokelat hitam organik dengan kadar flavanol yang tinggi untuk terapi, silahkan Anda memesannya DI SINI.

Referensi: https://www.medicalnewstoday.com/articles/304220#Cocoa-improved-circulation-in-kidney-patients


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<