Penggunaan Obat Menyebabkan 700.000 Warga Amerika Dirawat di UGD per Tahunnya

Suatu penelitian mempelajari dokumentasi kejadian akibat kontraindikasi obat, yang dilaporkan oleh 63 rumah sakit di Amerika di antara tahun 2004 dan 2005. Selama masa penelitian, semua rumah sakit tersebut melaporkan adanya kunjungan gawat darurat hampir berjumlah 21.300 kunjungan.

Itu berarti jika secara keseluruhan semua rumah sakit yang ada di Amerika Serikat digabungkan, itu berarti ada lebih dari 700.000 orang, terutama yang berusia 65 tahun ke atas, telah mengunjungi Ruang Unit Gawat Darurat (UGD) tiap tahunnya oleh karena kontraindikasi obat.

Para manula ternyata 7 kali lebih sering dirawat rumah sakit dibandingkan yang masih muda, dan perbandingannya dua kali lebih sering dirawat di UGD.

Kriteria obat-obatan yang masuk dalam penelitian tersebut adalah termasuk obat yang diresepkan, obat pelengkap, vaksin, vitamin, suplemen harian, dan produk herbal. Kontraindikasi obat termasuk reaksi alergi, beberapa efek samping, overdosis, pingsan dan leher terasa tercekik.

Kejadian oleh karena kontraindikasi obat kebanyakan oleh karena overdosis dan reaksi alergi. Faktor kematian yang berhubungan karena obat, usaha untuk bunuh diri, penyalahgunaan obat, dan penarikan diri dari obat, tidak dimasukkan sebagai bahan pertimbangan dalam penelitian ini.

Kebanyakan pasien dirawat dengan cepat sehingga dengan segera bisa pulang tanpa harus rawat inap. Tapi rata-rata 117.000 pasien per tahunnya perlu rawat inap oleh karena kontraindikasi obat. Dalam hal ini kebanyakan berasal dari kasus-kasus pemakaian obat yang perlu pemonitoran untuk menghindari akumulasi racun, yaitu:

  • Insulin.
  • Obat penghilang rasa sakit yang mengandung opioid.
  • Obat anti penggumpalan darah.
  • Amoxicillin.
  • Antihistamin dan anti masuk angin.

Khusus manula berusia 65 ke atas, kunjungan ke UGD berhubungan dengan :

  • Coumadin, obat untuk mencegah penggumpalan darah.
  • Digoxin, obat untuk membantu jantung lemah bekerja lebih efisien.

PS: Apakah Anda ingin terhindar dari malpraktek atau sistem kesehatan yang salah? Silahkan Anda mengedukasi diri sendiri dengan sains medis holistik gratis DI SINI. Anda akan belajar bagaimana mengobati semua penyakit dengan nutrisi dan psikoterapi. 

Tertarik membaca artikel-artikel kontroversial lainnya tapi bukan hoax? Silahkan Anda jelajahi DI SINI.


Sumber:

Journal of the American Medical Association October 18, 2006; 296(15): 1858-1866

WebMD October 17, 2006


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<