Pengobatan Demam Chikungunya dengan Air Kelapa

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, pohon kelapa tentu bukan merupakan tanaman yang asing. Dimana-mana kita bisa menemukan pohon kelapa, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Pohon kelapa umumnya hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan (santan kelapa) atau sebagai minuman (es kelapa muda). 

Khasiat air kelapa sebenarnya telah lama dikenali oleh masyarakat, tetapi kegunaannya dalam pengobatan demam chikungunya baru belakangan ini diketahui.

Di Indonesia, serangan demam chikungunya yang dikategorikan sebagai kejadian luar biasa telah beberapa kali terjadi. Dan sampai saat ini belum ada pengobatan serta vaksin yang spesifik untuk chikungunya. Sampai beberapa waktu lalu dua dokter India mengklaim bahwa air kelapa merupakan jawaban bagi penyakit demam chikungunya yang menakutkan ini, dan berbagai penyakit lainnya.

Walaupun air kelapa tidak menyembuhkan penyakit, tetapi air kelapa dapat membantu pasien sembuh lebih cepat, kata peneliti ini. Ahli sains alam Dilip Kumar dan Jagdev Singh, presiden Malaysian Dietary Supplement, mengatakan bahwa air kelapa baik untuk beberapa penyakit seperti kolera, disentri dan tifoid.

Orang-orang di India telah lama mengakui kebaikan minyak kelapa, yang secara medis terbukti memiliki komponen anti-bakteri dan anti-jamur. Surat kabar terkemuka The New Sunday Times melaporkan bahwa para dokter di Cina menyarankan pasien-pasien chikungunya untuk meminum air kelapa.

Dalam mendukung resep dokter Cina tersebut, kedua peneliti di atas menyebutkan bahwa tidak ada vaksin untuk virus yang menyebabkan chikungunya, yang memiliki gejala-gejala yang serupa dengan dengue – demam, nyeri sendi, letih, dan sariawan.

Jadgev Singh mengatakan air kelapa sangat membantu bagi mereka yang mengalami demam chikungunya karena sangat baik dalam mendetoksifikasi hati, sebuah organ yang membantu mengendalikan suhu tubuh. Dia mengatakan virus penyebab penyakit ini berkembang dalam hati selama periode waktu tertentu. Karena hati ini merupakan organ yang dapat mengambil manfaat dari air kelapa, maka virus yang ada di dalamnya akan tertekan dengan adanya air kelapa ini.

“Sulit untuk menemukan obat penyakit ini. Ketika virus ini telah berada dalam sistem, virus akan tetap berada di sana. Virus ini akan beraksi pada saat yang tepat. Air kelapa akan membantu dalam mengontrol atau menekan virus tersebut,”

Dr Dilip Kumar mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi dan berbagai mineral lainnya. Air ini dapat membantu mengobati penyakit seperti kolera, disentri, tifoid dan lainnya. Kedua dokter ini memberi resep: “Jika memungkinkan air kelapa seharusnya diminum setiap hari. Ini merupakan pelengkap makanan yang baik.”

Sumber: www.ayurvedictalk.com


PS: Untuk melihat berbagai artikel tentang terapi kelapa yaitu mengobati berbagai macam penyakit dengan air kelapa, santan, minyak dan daging kelapa, silahkan Anda klik DI SINI.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<