Manfaat Daging Kelapa untuk Kesehatan

Daging kelapa tinggi lemak dan kalori, sementara karbohidrat dan protein dalam jumlah sedang. Fakta nutrisi untuk 1 cangkir (80 gram) daging kelapa segar, parut adalah (1):

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Nilai Harian (AKG)
  • Selenium: 15% dari AKG
  • Tembaga: 44% dari AKG
  • Fosfor: 13% dari AKG
  • Kalium: 6% dari AKG
  • Besi: 11% dari AKG
  • Seng: 10% dari AKG

Daging kelapa kaya akan beberapa mineral penting, terutama mangan dan tembaga. Sementara mangan mendukung fungsi enzim dan metabolisme lemak, tembaga membantu pembentukan tulang dan kesehatan jantung.


Lemak

Kelapa adalah buah yang unik karena kandungan lemaknya yang tinggi. Sekitar 89% lemak dalam dagingnya adalah lemak jenuh.

Sebagian besar lemak ini adalah trigliserida rantai-menengah (MCT), yang diserap utuh di usus kecil Anda dan digunakan oleh tubuh Anda untuk menghasilkan energi (2).


Serat

Hanya dengan 1 cangkir (80 gram) kelapa parut, itu sudah menyediakan 7 gram serat, yang merupakan lebih dari 20% dari AKG.

Sebagian besar serat ini tidak larut, artinya serat itu tidak dapat dicerna. Dengan demikian, ia membantu pergerakan makanan di sistem pencernaan Anda dan membantu kesehatan usus.


Manfaat Kesehatan dari Daging Kelapa

Daging kelapa dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Banyak penelitian tentang manfaat buah tropis ini difokuskan pada kandungan lemaknya.


Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daging kelapa mengandung minyak kelapa, yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan mengurangi kolesterol LDL (buruk). Perbaikan pada penanda ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung (3).

Satu studi 4 minggu memberi 91 orang dengan 1,6 ons (50 ml) minyak kelapa murni, minyak zaitun extra virgin, atau mentega tawar setiap hari. Mereka yang berada dalam kelompok minyak kelapa menunjukkan peningkatan kolesterol HDL (baik) yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang diberi mentega atau minyak zaitun (4).

Sebuah studi 8 minggu pada 35 orang dewasa yang sehat menunjukkan hasil yang sama, menemukan bahwa 15 ml minyak kelapa yang diminum dua kali sehari menyebabkan peningkatan kolesterol HDL yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok kontrol (5).

Studi 8 minggu lainnya mencatat bahwa orang yang mengonsumsi 7 ons (200 gram) bubur yang dibuat dengan santan mengalami penurunan kolesterol LDL (buruk) yang signifikan dan peningkatan kolesterol HDL (baik) dibandingkan dengan mereka yang makan bubur yang dibuat dengan susu kedelai (6).


Mendukung Penurunan Berat Badan

Daging kelapa dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa MCT dalam buah ini dapat membuat rasa kenyang, meningkatkan pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang semuanya dapat mendukung penurunan berat badan (7, 8, 9).

Selain minyaknya, kandungan serat yang tinggi dari daging kelapa juga dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu mencegah makan berlebih (10, 11).

Sebuah studi 90 hari pada 8 orang dewasa menemukan bahwa menambah diet standar dengan 1,3 cangkir (100 gram) kelapa segar setiap hari menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan, dibandingkan dengan menambahkan dengan jumlah kacang tanah atau minyak kacang yang sama (12).

Perlu diingat bahwa penelitian ini menggunakan minyak kelapa dan MCT dalam jumlah besar, jadi tidak jelas apakah makan daging kelapa dalam jumlah yang lebih kecil akan memiliki efek yang sama.


Dapat Membantu Kesehatan Pencernaan

Kelapa kaya serat, yang membantu mengangkat kotoran Anda dan mendukung keteraturan usus, menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat (13, 14).

Karena daging kelapa juga tinggi lemak, ia dapat membantu tubuh Anda menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu, MCT dalam daging kelapa telah terbukti memperkuat bakteri usus Anda, yang dapat melindungi terhadap peradangan dan kondisi seperti sindrom metabolik (15).

Terlebih lagi, minyak kelapa pada daging kelapa dapat mengurangi pertumbuhan ragi berbahaya, seperti Candida albicans, yang dapat menyebabkan infeksi serius (16).


Lebih Baik Mentah atau Matang, Muda atau Tua?

Jika tujuan Anda adalah untuk terapi kesehatan, bukan sekedar kenyang atau makan sehat saja, adalah lebih baik jika mengkonsumsi daging kelapa yang sudah tua dan tidak dimasak.

Sebagai contoh, dalam 1 buah kelapa tua, bagilah jadi 4 (sekitar 100 gr), lalu parut atau blender. Parutan kelapa tua ini jangan dimasak, bisa Anda konsumsi jadi 2 atau 3 kali dalam sehari. Untuk menambah citarasa, Anda bisa menambahkan sedikit garam laut asli/garam tradisional (bukan garam meja beryodium) secukupnya dan juga gula aren sesuai selera.


PS: Untuk melihat berbagai artikel tentang terapi kelapa yaitu mengobati berbagai macam penyakit dengan air kelapa, santan, minyak dan daging kelapa, silahkan Anda klik DI SINI.


Referensi

(1) https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170169/nutrients

(2) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5044790/

(3) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5686931/

(4) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5686931/

(5) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5745680/

(6) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3824402/

(7) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4975867/

(8) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12975635

(9) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25636220

(10) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6360548/

(11) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11396693

(12) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29461972

(13) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18953766

(14) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3705355/

(15) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4882694/

(16) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27303684

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<