Cara Mengatasi & Mengobati Hipotensi (Tekanan Darah Rendah) Secara Alami

Bila Anda sering merasa pusing, mata berkunang-kunang tanpa alasan yang jelas, bisa jadi Anda menderita tekanan darah rendah (hipotensi). 

Kondisi seseorang dikatakan menderita tekanan darah rendah kronis adalah bila tekanan darah mereka menurun secara konstan dan menahun (tekanan darah normal adalah di atas 110/70 mmHg), tanpa sebab yang jelas. Tak ada gangguan pada jantung atau kelainan kelenjar tiroid.

Menurunnya tekanan darah membuat aliran darah tidak mampu mencapai otak atau mampu, tetapi tidak mencukupi sehingga oksigen yang seharusnya dibawa darah ke otak juga tidak sampai atau tidak cukup. Pada gilirannya, ini menyebabkan gangguan kontrol terhadap fungsi tubuh sehingga fungsi tubuh tidak bekerja dengan benar. Karena itu, timbullah gejala-gejala seperti terserang kelelahan, rasa kantuk, bahkan pingsan.

Gejala yang biasa dirasakan pada kondisi hipotensi antara lain sebagai berikut:

  1. Pusing (kepala seperti melayang-layang).
  2. Sering pingsan.
  3. Kurang konsentrasi.
  4. Pandangan kabur.
  5. Mual.
  6. Kulit terasa dingin, basah dan tampak pucat.
  7. Napas dangkal tapi sering.
  8. Cepat letih.
  9. Selalu haus.

Tekanan darah rendah di antaranya bisa disebabkan kekurangan gizi, mengabaikan pola makan yang teratur, mengalami perdarahan, karena gangguan emosional (seperti bulimia, anoreksia), stres, ataupun kurang istirahat. 


1. Lakukan diet seimbang

Gizi seimbang adalah yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan segar, dan sayuran. Mereka yang menjalani diet rendah kalori lebih rentan terhadap tekanan darah rendah. Demikian juga mereka yang berat tubuhnya kurang karena sistem nadi mereka yang labil. Tekanan nadi tidak cukup untuk memasok seluruh organ dengan oksigen dan nutrisi. Lagipula, sering kali mereka yang melakukan diet ketat, tidak memperhatikan pasokan gizi yang cukup dan seimbang sehingga tubuh kekurangan zat gizi.


2. Banyak minum 

Salah satu cara untuk mempertahankan tekanan darah normal adalah dengan memperbanyak cairan, hingga tubuh terhindar dari dehidrasi. Orang dengan tekanan darah yang rendah harus banyak minum. Semakin encer darah, semakin baik peredarannya di dalam tubuh. Dianjurkan minum 2-3 liter per hari, dan lebih banyak lagi ketika cuaca sedang panas.


3. Hindari kondisi kepanasan

Udara panas bisa menyebabkan mereka yang menderita hipotensi mengalami pusing. Hindari sebisa mungkin atau gunakan pelindung saat sedang berada di luar ruangan dalam kondisi cuaca panas.


4. Hindari alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa menurunkan tekanan darah dan dehidrasi.


5. Aktif bergerak

Saat baru bangun tidur, sebaiknya jangan langsung bangun, terlebih dahulu lekukan gerakan-gerakan ringan. Hal ini membuat aliran darah yang macet mengalir lagi. Bahkan ketika masih di tempat tidur, lakukan gerakan-gerakan ringan, tinggikan kaki atau lakukan gerakan bersepeda di udara, dengan demikian aliran ke kepala terstimulasi.


6. Istirahat setiap kali merasa lelah

Harap diingat, mereka yang mengalami tekanan darah rendah, kapasitas aliran darah yang mengalir ke seluruh organ jumlahnya lebih sedikit. Itulah kenapa, mereka butuh lebih sering beristirahat, terutama saat mengalami kelelahan.


7. Mandi dengan suhu hangat dan dingin secara bergantian

Saat mandi, memainkan suhu air hangat dan dingin berganti-ganti dapat menimbulkan energi. Siramkan air melalui pancuran mulai dari kaki hingga dada.


8. Tingkatkan asupan sodium

Sodium banyak ditemukan pada makanan. Sodium juga bagian dari garam. Garam dapat meningkatkan volume darah dan menaikan tekanan darah. Penderita hipotensi sebaiknya menambah konsumsi garam, tapi juga jangan sampai berlebihan. Garam yang tepat adalah garam laut asli, bukan garam meja.


9. Lakukan peregangan 

Lakukan latihan yang bisa memberi efek melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Misalnya, dengan latihan gerakan yoga.


10. Jangan sepelekan sarapan

Mereka yang terbiasa sarapan pagi, cenderung untuk tidak terserang kelelahan di siang hari. Makan lima atau enam kali dalam porsi kecil lebih baik dibanding makan tiga kali dalam porsi besar. Setiap kali setelah makan dalam porsi besar, darah akan tertahan di bagian perut untuk melakukan proses pencernaan, ini membuat tekanan darah turun.


Obat Alaminya

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa obat alami yang bisa Anda konsumsi saat hipotensi kumat yaitu:

Jus bit

Jus mentah bit merah sangat membantu dalam meningkatkan tekanan darah. Ambil secangkir jus bit mentah dua kali sehari.

Lanjutkan obatnya setidaknya selama satu minggu untuk mendapatkan manfaatnya. Ini adalah salah satu solusi rumah terbaik untuk tekanan darah rendah atau hipotensi.


Delima

Salah satu solusi alami yang paling banyak digunakan untuk hipotensi adalah buah delima.

Anda dapat mengkonsumsinya dengan berbagai cara untuk menjaga tekanan darah. Makanlah sebagai buah atau Anda bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.


Kismis

Kaya akan kalium, ini adalah salah satu solusi terbaik untuk tekanan darah rendah. Rendam sekitar 10-20 kismis dalam air semalam.

Makan kismis di pagi hari serta minum air yang sudah direndam. Lanjutkan selama sekitar satu minggu.


Garam Laut Asli

Ini adalah salah satu solusi rumah cepat untuk tekanan darah rendah atau hipotensi. Masukkan lebih banyak garam atau makanan asin dalam makanan Anda, karena membantu meningkatkan tekanan darah.

Untuk digarisbawahi, yang dimaksud garam ini adalah garam laut asli, bukan garam meja/refinasi. Garam laut asli biasanya bentuknya kasar sehingga biasa disebut garam kasar. Juga biasa dipakai untuk memelihara ikan laut sehingga disebut garam ikan. Untuk yang import, yang terkenal adalah garam himalaya. Detail informasi tentang garam laut asli bisa Anda pelajari DI SINI.

Ambil segelas air dan tambahkan ½ sendok teh garam ke dalamnya. Minumlah ini dua kali sehari, jika Anda terus-menerus mengalami tekanan darah rendah.


Madu

Jika Anda merasa pusing karena tekanan darah rendah, ambil madu untuk mendapatkan efek instan.

Campurkan dua sendok makan madu ke dalam segelas air. Tambahkan sejumput garam ke dalamnya dan minum campuran ini.

Tapi pastikan Anda memakai madu asli berkualitas. Jika Anda ragu-ragu dengan kualitas di luar sana, Anda bisa memakai madu Clover yang bisa Anda lihat rincian dan pemesanannya DI SINI.


Daun kemangi

Obat herbal ini sangat efektif menyembuhkan tekanan darah rendah. Daun kemangi memiliki berbagai khasiat obat.

Hancurkan 10-15 daun kemangi. Saring jus daun dan campur jus ini dengan satu sendok teh madu. Minum saat perut kosong di pagi hari.


Cokelat Hitam

Cokelat hitam dalam bentuk camilan maupun minuman, sangat baik untuk mengatasi hipotensi. Tentu saja cara ini merupakan salah satu yang sangat digemari untuk dikonsumsi. Namun bukan sembarang konsumsi cokelat seperti misalnya cokelat putih atau cokelat susu lho ya. 

Anda bisa melihat contoh camilan serta minuman cokelat hitam yang sangat baik untuk mengobati hipotensi dengan cara klik DI SINI.


Link Referensi: 

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2665569/10-cara-alami-atasi-tekanan-darah-rendah

https://intisari.grid.id/read/031740927/bagi-penderita-hipotensi-yuk-coba-10-bahan-rumah-ini-yang-diklaim-bisa-atasi-tekanan-darah-rendah-secara-efektif?page=all


Posting Komentar

0 Komentar