Bagaimana Mengobati Leukemia, Kanker Darah yang Diderita Ibu Ani SBY dan Anak Denada


Baru ini kita mendengar berita yang menyedihkan bahwa Ibu Ani Yudhoyono menderita leukemia. Beberapa waktu lalu dan sampai sekarang, anak Denada yang masih kecil terus berjuang melawan penyakit ganas ini.

Untuk membantu Anda memahami sekilas tentang leukemia dan bagaimana mengobatinya tanpa harus mengalami efek samping kemoterapi, silahkan Anda membaca artikel ini.
 

Apa itu leukemia?

Leukemia adalah kanker sel darah. Ada beberapa kategori luas dari sel darah, yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Secara umum, leukemia mengacu pada kanker sel darah putih.

Sel darah putih adalah bagian vital dari sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka melindungi tubuh Anda dari serangan bakteri, virus, jamur, serta dari sel-sel abnormal dan zat asing lainnya. Pada leukemia, sel darah putih tidak berfungsi seperti sel darah putih yang normal. Mereka juga dapat membelah terlalu cepat dan akhirnya mengkerubuni sel-sel normal.

Sel darah putih sebagian besar diproduksi di sumsum tulang, tetapi beberapa jenis sel darah putih juga diproduksi di kelenjar getah bening, limpa, dan kelenjar timus. Setelah terbentuk, sel darah putih beredar ke seluruh tubuh Anda dalam darah dan getah bening (cairan yang bersirkulasi melalui sistem limfatik), berkonsentrasi di kelenjar getah bening dan limpa.
 

Faktor risiko leukemia

Penyebab leukemia ada banyak. Beberapa faktor telah diidentifikasi dapat meningkatkan risiko Anda, yaitu:
  1. riwayat keluarga leukemia,
  2. merokok, yang meningkatkan risiko terkena leukemia myeloid akut (Acute Myeloid Leukemia = AML),
  3. kelainan genetik seperti Down Syndrom,
  4. kelainan darah, seperti sindrom myelodysplastic, yang kadang-kadang disebut "preleukemia",
  5. pengobatan sebelumnya untuk kanker dengan kemoterapi atau radiasi,
  6. paparan radiasi tingkat tinggi,
  7. paparan bahan kimia seperti benzene,
  8. pemanis buatan.
 

Jenis-jenis leukemia


Onset leukemia dapat bersifat akut (onset mendadak) atau kronis (onset lambat). Pada leukemia akut, sel kanker berkembang biak dengan cepat. Pada leukemia kronis, penyakit ini berkembang perlahan dan gejala awal mungkin sangat ringan.

Leukemia juga diklasifikasikan menurut jenis selnya. Leukemia yang melibatkan sel-sel myeloid disebut leukemia myelogenous. Sel myeloid adalah sel darah imatur yang biasanya menjadi granulosit atau monosit. Leukemia yang melibatkan limfosit disebut leukemia limfositik.

Ada empat jenis utama leukemia, yaitu:

Leukemia myelogenous akut (Acute Myelogenous Leukemia = AML)

Leukemia myelogenous akut (AML) dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Menurut Program Pengawasan, Epidemiologi, dan Hasil Akhir dari National Cancer Institute (NCI), sekitar 21.000 kasus AML baru didiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat. Ini adalah bentuk leukemia yang paling umum. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk AML menurut NCI adalah 26,9 persen.

Leukemia limfositik akut (Acute Lymphocytic Leukemia = ALL)

Leukemia limfositik akut (ALL) paling banyak terjadi pada anak-anak. NCI memperkirakan sekitar 6.000 kasus baru ALL didiagnosis setiap tahun. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk ALL menurut NCI adalah 68,2 persen.

Leukemia myelogenous kronis (Chronic Myelogenous Leukemia = CML)

Leukemia myelogenous kronis (CML) mempengaruhi sebagian besar orang dewasa. Sekitar 9.000 kasus CML baru didiagnosis setiap tahun, menurut NCI. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk CML menurut NCI adalah 66,9 persen.

Leukemia Limfositik kronis (Chronic Lymphocytic Leukemia  = CLL)

Leukemia limfositik kronis (CLL) paling mungkin mempengaruhi orang di atas usia 55 tahun. Sangat jarang terlihat pada anak-anak. Menurut NCI, sekitar 20.000 kasus baru CLL didiagnosis setiap tahun. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk CLL menurut NCI adalah 83,2 persen.
Adapula Leukemia sel berbulu yang adalah subtipe dari CLL yang sangat jarang ditemukan. Namanya berasal dari kemunculan limfosit kanker di bawah mikroskop.
  

Apa saja gejala leukemia?

Gejala-gejala leukemia meliputi:
  1. keringat berlebih, terutama di malam hari (disebut "keringat malam"),
  2. kelelahan dan kelemahan yang tidak hilang dengan istirahat,
  3. penurunan berat badan yang tidak disengaja,
  4. nyeri tulang dan rapuh,
  5. kelenjar getah bening yang membengkak tapi tidak sakit (terutama di leher dan ketiak),
  6. pembesaran hati atau limpa,
  7. bintik-bintik merah pada kulit, disebut petechiae,
  8. mudah berdarah dan mudah memar,
  9. demam atau kedinginan,
  10. infeksi yang sering.
Leukemia juga dapat menyebabkan gejala pada organ yang telah diinfiltrasi atau telah dipengaruhi oleh sel kanker. Misalnya, jika kanker menyebar ke sistem saraf pusat, itu dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan muntah, kebingungan, kehilangan kontrol otot, dan kejang.

Leukemia juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, termasuk:
  1. paru-paru,
  2. saluran pencernaan,
  3. jantung,
  4. ginjal,
  5. testis.
 

Mendiagnosa leukemia

Leukemia dapat dicurigai jika Anda memiliki faktor risiko tertentu atau gejala yang memprihatinkan. Dokter Anda akan mulai dengan riwayat lengkap dan pemeriksaan fisik, tetapi leukemia tidak dapat sepenuhnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Sebagai gantinya, dokter akan menggunakan tes darah, biopsi, dan tes pencitraan untuk membuat diagnosis.
 
Tes Lab
Ada sejumlah tes berbeda yang dapat digunakan untuk mendiagnosis leukemia. Hitung darah lengkap menentukan jumlah sel darah merah, sel darah merah, dan trombosit dalam darah. Melihat darah Anda di bawah mikroskop juga dapat menentukan apakah sel-sel memiliki penampilan abnormal.

Biopsi jaringan dapat diambil dari sumsum tulang atau kelenjar getah bening untuk mencari bukti leukemia. Sampel kecil ini dapat mengidentifikasi jenis leukemia dan tingkat pertumbuhannya. Biopsi organ lain seperti hati dan limpa dapat menunjukkan jika kanker telah menyebar.
 
Penetapan Stadium
Setelah leukemia didiagnosis, itu akan ditentukan stadiumnya. Penetapan stadium membantu dokter Anda menentukan tindakan selanjutnya.

AML dan ALL ditetapkan stadiumnya berdasarkan bagaimana sel kanker terlihat di bawah mikroskop dan jenis sel yang terlibat. ALL dan CLL ditetapkan stadiumnya berdasarkan jumlah WBC pada saat diagnosis. Kehadiran sel darah putih yang belum matang, atau myeloblast, dalam darah dan sumsum tulang juga digunakan untuk tahap AML dan CML.
 
Menilai perkembangannya
Sejumlah tes lain dapat digunakan untuk menilai perkembangan penyakit:
  1. Flow cytometry memeriksa DNA sel kanker dan menentukan tingkat pertumbuhannya.
  2. Tes fungsi hati menunjukkan apakah sel-sel leukemia mempengaruhi atau menyerang hati.
  3. Tusukan lumbar dilakukan dengan memasukkan jarum tipis di antara tulang belakang bagian bawah Anda. Ini memungkinkan dokter Anda untuk mengambil cairan tulang belakang dan menentukan apakah kanker telah menyebar ke sistem saraf pusat.
  4. Tes pencitraan, seperti sinar-X, ultrasound, dan CT scan, membantu dokter mencari kerusakan pada organ lain yang disebabkan oleh leukemia.
 

Mengobati leukemia

Leukemia biasanya dirawat oleh ahli hematologi-onkologi. Ini adalah dokter yang berspesialisasi dalam kelainan darah dan kanker. Perawatan tergantung pada jenis dan stadium kanker. Beberapa bentuk leukemia tumbuh lambat dan tidak perlu perawatan segera. Namun, pengobatan konvensional untuk leukemia biasanya melibatkan satu atau lebih dari hal-hal berikut ini:
  1. Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel leukemia. Tergantung pada jenis leukemia, Anda dapat mengambil satu obat tunggal atau kombinasi obat yang berbeda.
  2. Terapi radiasi menggunakan radiasi energi tinggi untuk merusak sel-sel leukemia dan menghambat pertumbuhannya. Radiasi dapat diterapkan ke area tertentu atau ke seluruh tubuh Anda.
  3. Transplantasi sel induk (Stem cell) menggantikan sumsum tulang yang sakit dengan sumsum tulang yang sehat, baik milik Anda sendiri (disebut transplantasi autologous) atau dari donor (disebut transplantasi allologous). Prosedur ini juga disebut transplantasi sumsum tulang.
  4. Terapi biologis atau imun menggunakan perawatan yang membantu sistem kekebalan Anda mengenali dan menyerang sel kanker.
  5. Terapi yang ditargetkan menggunakan obat-obatan yang memanfaatkan kerentanan dalam sel kanker. Misalnya, imatinib (Gleevec) adalah obat yang ditargetkan yang biasa digunakan melawan CML.
 

Terapi Nutrisi dengan Suplemen Produk Perlebahan

Leukemia juga bisa diobati dengan pemberian nutrisi yang berasal dari produk-produk yang dihasilkan oleh lebah seperti misalnya: madu, bee pollen, royal jelly dan propolis.

Keempat produk lebah tersebut harus digabung penggunaannya dalam mengobati leukemia.

Pemberian bee pollen dan madu akan membantu untuk mensuplai bahan yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah, sehingga pada beberapa penderita bisa mengurangi frekuensi transfusi darah.

Propolis dengan antioksida dosis tingginya sangat berperan dalam meningkatkan antibodi tubuh untuk melawan keganasan sel kanker dalam tubuh.

Royal jelly dapat membantu dalam proses regenerasi sel-sel sehat dan normal, menggantikan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Produk perlebahan yang disarankan dan aturan konsumsinya:
  • HDI Propoelix Plus: 4 x1, 4 x 2, 4 x3, 4 x4 kapsul sehari (tergantung stadium). Dosis keempat dikonsumsi sebelum tidur malam.
  • HDI Pollenergy: 2 x 2 tablet sehari.
  • HDI Royale Jelly Liquid: 4 x 1 sendok takar, 4 x 2 sendok takar sehari. Dosis keempat dikonsumsi sebelum tidur malam.
  • HDI Clover Honey: 4 x 1 sendok makan sehari. Dosis keempat dikonsumsi sebelum tidur malam.
 

Pakai Kemoterapi Tapi Tetap Aktivitas Normal dan Tidak Mengalami Efek Negatifnya

Secara medis konvensional, kemoterapi diwajibkan untuk membunuh sel-sel kanker darah. Tapi sama dengan obat kimia keras lainnya, kemoterapi juga memiliki efek samping keras yang bisa membuat tidak nyaman selama pengobatan, bahkan bisa menimbulkan dampak serius bagi kesehatan Anda (kondisi makin parah).

Untuk menghindari efek sampingnya tidak harus berhenti dari kemo ini karena Anda akan mengalami konflik dengan para dokter konvensional dan pihak keluarga yang lebih percaya dengan kemoterapi.

Terus bagaimana caranya menghilangkan efek sampingnya dan bukan sekedar menguranginya? Bagaimana caranya tanpa harus stop, tanpa mengurangi dosis dan tanpa mengurangi manfaat kemoterapi?

Caranya adalah menambahkan terapi Anda dengan produk-produk perlebahan di atas (Propoelix Plus, Pollenergy, Royale Jelly Liquid, dan Clover Honey) dengan dosis yang tepat.

Anda bisa melihat contoh testimoninya di bawah ini:


Berawal dari demam yang naik turun kurang lebih 3 hari, dan diikuti dengan muntah-muntah berkepanjangan akhirnya sekitar jam 4 pagi pada tanggal 6 November 2017 saya di bawa ke IGD salah satu RS Swasta di daerah Cikarang, Bekasi.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter IGD saya harus periksa laboratorium dan EKG (karena saya ada riwayat sakit jantung, hipertensi). Saya pikir paling-paling saya sakit tifus atau DHF karena kebetulan di daerah perumahan kami ada yang sakit DHF.

Hasil laboratorium keluar, dokter IGD menyampaikan ke saya,dan saya cukup kaget dengan leukosit sampai 151.000 padahal suhu hanya 38 derajat Celsius (normal leukosit 5.000-10.000). Sebagai seorang medis dalam hati, saya mulai khawatir “Masa sih Tuhan, saya kena penyakit ini”. Saya minta untuk pemeriksaan laboratorium diulang. Ternyata setelah diulang sampai 3 kali (istilah medis duplo 3x) hasilnya sama.

Akhirnya saya dirawat, diinfus, diberikan macam-macam obat dari obat lambung, turun panas, dan antibiotik. Setelah diperiksa oleh dokter internis saya disarankan USG abdomen (perut) dan pemeriksaan troponin I (enzim jantung) karena hasil EKG saya yang jelek.

7 november 2017 hasil USG terjadi pembesaran hati, lien, dan fatty liver. Hasil troponin I positif (normalnya harus negatif) dan pemeriksaan sel darah tepi semakin menegaskan kearah leukimia.

Oleh dokter internist saya disarankan untuk dirujuk ke Jakarta dan harus di ICU karena jantung saya bermasalah. Dari pihak RS mulai mencari rujukan ke Jakarta tetapi selama 2 hari (tanggal 7 dan 8 November 2017) tidak ada satupun RS (pemerintah maupun swasta yang ICU nya kosong) padahal saya dirujuk sebagai pasien umum bukan tanggungan asuransi atau BPJS. Akhirnya saya disarankan langsung saja datang ke RS di Jakarta tanpa rujukan, jadi berangkat sendiri. Tanggal 9 November 2017, pk. 04.00 pagi saya diantar suami ke RS Dharmais.

Di RS Dharmais saya tidak diterima rawat inap. Disarankan ke rawat jalan saja karena kondisi saya memang masih bisa jalan (tidak pakai brankar). Akhirnya kami mendaftar ke poli rawat jalan eksekutif, karena kalau yang biasa pasiennya banyak sekali (RS Dharmais adalah pusat rujukan kanker nasional). Setelah diperiksa oleh dokter Nugroho, spesialis onkologi saya dijadwalkan untuk pemeriksaaan sumsum tulang dan kromosom. Saya juga langsung diberikan obat untuk turunkan leukosit, karena terakhir jumlah leukosit saya naik lagi ke 154.000.

Hasil pemeriksaan sumsum tulang dan kromosom baru keluar dua minggu kemudian. Selama menunggu hasil pemeriksaan tersebut saya diberikan obat kemo (Hydra). Hasil sumsum tulang dan kromosom keluar, saya positif terkena leukimia kronik/CML (Chronic Mielocitic Leukemia). Itu berarti saya harus minum obat kemo seumur hidup. Obat kemo diganti dari Hydra ke Glivec khusus untuk CML diminum sehari 1 x 400 mg.

Hari pertama pemakaian Glivec efek samping obat itu benar-benar menyiksa. Mual, muntah-muntah, sakit kepala, bahkan sampai diare. Tetapi memang sejak saya dirawat di RS Cikarang dengan hasil lab leukosit yang sangat tinggi saya waktu itu langsung naikkan pemakaian produk-produk HD, (selama ini saya dan keluarga selalu minum HD setiap hari). Pemakaian HDI sejak saya sakit saya tingkatkan Propoelix Plus 3×2 kapsul, Royale Jelly Liquid 2x setengah sendok makan, Clover Honey sesering mungkin, Pollenergy 2×2 tablet.

Dua minggu setelah minum Glivec saya periksa lab leukosit turun jadi 77.000. Satu bulan setelah minum Glivec periksa lab leukosit turun jadi 10.500 (mendekati normal). Dan sampai saat ini saya terus minum Glivec bersama produk HD: Propoelix Plus 3×1, Royale Jelly Liquid 1x setengah sendok makan malam, Clover Honey 3×1 sendok makan, Pollenergy 1×2 tablet pagi.

Pemakaian produk HD benar-benar menolong, saya tetap kuat dan bisa beraktivitas walaupun saya harus minum obat kemo setiap hari. Terima kasih untuk AnugerahMu ya Tuhan melalui produk-produk High Desert. Amien.

Diceritakan langsung oleh dr. Tilly N Patty ke Breakthrough Generation

 
Bukan hanya untuk kanker darah, produk perlebahan ini juga bisa dipakai untuk mengobati kanker lainnya dan menghilangkan efek negatif kemoterapi. Anda bisa melihat contohnya dengan membaca testimoni-testimoni di bawah ini (klik untuk lihat selengkapnya).
 

KONSULTASIKAN PERMASALAHAN ANDA

Apakah Anda memiliki permasalahan yang sama / mirip dengan kasus di atas? Silahkan Anda konsultasikan dulu supaya mendapat solusi alami yang tepat dengan cara klik DI SINI.

Anda juga bisa melihat Paket Terapi kami untuk mengobati kanker, tumor, kista ataupun mioma dengan cara klik DI SINI.


Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<