Wanita di Filipina Nyaris Buta karena Tak Suka Air Putih

Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sehingga diharuskan untuk rutin minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan anjuran ini. Padahal kekurangan cairan pada tubuh dapat menimbulkan banyak dampak negatif.

Salah satunya seperti yang dialami oleh Joana Krisha, wanita asal Filipina yang hampir kehilangan nyawanya karena tidak menyukai air putih. Kisah tersebut dibagikan melalui akun Facebook miliknya @JoanaKrishaChaDue├▒as, Sabtu (3/3) lalu, lengkap dengan fotonya yang sedang terbaring lemah di rumah sakit.

Joana lebih memilih meminum jus, untuk memenuhi cairan dalam tubuh daripada air putih. "Aku tidak suka air. Aku bahkan tidak tahu mengapa aku tidak suka air. Aku tidak pernah meminum air sampai 2 liter per harinya," potongan kalimat dalam unggahannya.


Akibat kebiasaan buruknya yang tak suka minum air putih, Joana harus dilarikan ke rumah sakit, sekitar tiga bulan lalu karena mengalami nyeri yang hebat di bagian punggung bawah sebelah kiri. Setelah dicek, dokter mengatakan bahwa Joana mengalami gagal ginjal.

"Aku memiliki kristal di ginjal yang menurut dokter menyebabkan tidak berfungsinya kerja ginjal. Setelah kejadian itu aku mulai mengikuti prosedur pengobatan apa yang harus dilakukan menurut dokter," bunyi potongan kisah dalam unggahan Joana.

Setelah kondisinya mulai membaik, tak berselang lama usai pulang dari rumah sakit, ia kembali mengulangi kebiasaan buruknya, jarang minum air putih. Hingga pada Jumat (2/3), sekitar pukul 10 malam Joana kembali dilarikan ke rumah sakit.


Ia mengaku merasakan kedinginan yang parah hingga membuatnya sulit untuk berbicara dan menggerakan tubuhnya. Ia bahkan tak bisa melihat meski matanya dalam kondisi terbuka. Joana nyaris buta.

"Aku tidak bisa melihat apa-apa, bahkan tak melihat ibuku. Tak ada kata yang bisa aku ungkapkan, hanya bisa berdoa," potongan lain unggahan Joana.

Menurut pihak rumah sakit, kondisi yang dialami Joana diakibatkan dehidrasi yang berlebihan serta kehilangan oksigen dalam tubuhnya, yang dipicu dari sakit yang lalu.

Beruntung, dokter sigap menangani Joana, hingga akhirnya ia berhasil diselamatkan dan bisa kembali melihat. Joana kini sadar jika air memiliki peran penting dalam tubuh. 

"Minum air sebelum terlambat seperti saya," pesan Joana dalam unggahannya.


Hingga saat ini, kisah yang diunggah Joana sudah dibagikan sebanyak lebih dari 112 ribu kali dan mendapat beragam komentar dari warganet. 

Sumber: kumparan.com, Rabu 07 Maret 2018