Cepat Lelah dan Penglihatan Kabur? Hati-hati Bisa Jadi Gejala Diabetes



Cepat merasa lelah dan sering pergi ke toilet untuk buang air kecil? Bisa saja ini tanda diabetes yang tidak terdiagnosis.

Sebagian besar orang tidak mampu mengidentifikasi tanda-tanda sederhana dari penyakit ini seperti penurunan berat badan, penyembuhan luka dan memar yang lambat, penglihatan yang kabur, sering merasa haus, menggunakan kamar mandi lebih sering dan menjadi cepat lelah.

Bahkan menurut penelitian yang bertepatan dengan World Diabetes Day, hanya satu dari 100 orang saja yang bisa mengidentifikasi gejala utama.

Pada tahun 2014 World Health Organisation (WHO) memperkirakan bahwa sembilan persen orang dewasa di seluruh dunia terkena diabetes. Lebih lanjut lagi pada tahun 2012 dikatakan bahwa jutaan kasus kematian di seluruh dunia secara langsung disebabkan oleh diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan diabetes.

Dikutip dari Daily Mail UK, Senin (16/11/2015), setiap tahunnya di Inggris, sebanyak 3,9 juta orang didiagnosis diabetes. Sementara diperkirakan sebanyak 590 ribu orang tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya.

Diperkirakan sekitar 90 persen pasien mengidap diabetes tipe 2, di mana pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar glukosa normal. Sedangkan untuk diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin sama sekali.

Sejumlah faktor gaya hidup termasuk berat badan diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Namun, menurut survei yang dilakukan oleh firma hukum Stephensons, lebih dari 80 persen orang tidak menemukan bahwa penurunan berat badan merupakan tanda diabetes. Padahal menurut NHS, penurunan berat badan adalah salah satu gejala utama.

Kasus diabetes juga meningkat pesat di kalangan anak dan remaja di Inggris. Stephensons menemukan bahwa mereka yang berusia antara 18-24 adalah responden yang paling tidak sadar akan tanda-tanda diabetes.

Penglihatan kabur dan penyembuhan luka dan memar yang lambat sebagian besar tidak disadari oleh para responden muda. Padahal diabetes yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati dapat menyebabkan penyakit yang serius, amputasi bahkan sampai kematian.

Sumber: Sharon Natalia - detikHealth, Senin, 16/11/2015



Kesaksian mereka yang berhasil sembuh dari diabetes:

Butuh konsultasi untuk permasalahan kesehatan Anda? Silahkan Anda konsultasi gratis DI SINI.