Ketahui Apa Saja 4 Stadium Wasir dan Berapa Biaya Serta Efek Sampingnya Jika Dioperasi


Sama seperti penyakit lainnya, wasir juga memiliki tingkat dan derajat keparahannya masing-masing, yaitu:


1. Stadium Satu

Pada stadium awal wasir, biasanya mulai terjadi pembesaran vena di anus. Karena ukurannya masih kecil, wasir pada stadium ini belum menimbulkan gejala apapun. Secara fisik dan visual, wasir stadium 1 juga belum bisa dideteksi. Pada stadium ini, Anda baru bisa mendeteksi wasir melalui pemeriksaan endoskopi.

Meskipun begitu, saat buang air besar sering kali kita merasa tidak nyaman. Apabila ini yang dirasakan, segera lakukan tindakan pengobatan alami dan hindari mengejan terlalu keras agar wasir tidak membesar dan meningkat ke stadium selanjutnya.


2. Stadium Dua

Pada stadium ini, pembesaran vena sudah mulai bisa diraba secara fisik karena telah terjadi prolaps. Di stadium dua, wasir bisa keluar atau masuk kembali ke dalam dubur secara spontan namun tanpa perdarahan. Tapi biasanya, telah terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di bagian lubang dubur.


3. Stadium Tiga

Pada wasir stadium 3, pembengkakan pada dubur sering kali keluar dan tidak bisa masuk secara spontan. Untuk memasukkannya, dibutuhkan bantuan jari. Selain itu, pada fase ini wasir juga kerap mengalami kontraksi dan perdarahan.

Ada beberapa metode pengobatan konvensional yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan metode ligasi pita karet. Metode ini bisa digunakan untuk mengatasi wasir stadium 2 dan stadium 3 awal. Caranya, dokter akan memasukkan dan mengikat (ligasi) pita karet ke bagian lubang dubur yang menonjol.

Ikatan tersebut akan memotong jalannya darah ke wasir yang lama kelamaan akan membuat jaringan ini kempes dalam waktu kurang lebih tiga sampai lima hari. Usai melakukan prosedur medis yang satu ini, penderita tidak perlu kembali ke dokter, karena ligasi atau ikatan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Sama seperti metode pengobatan lain, ligasi pita karet juga memiliki komplikasi. Di antaranya, perdarahan, infeksi, dan terkadang menimbulkan kekambuhan.


4. Stadium Empat

Ketika benjolan wasir tidak dapat dimasukkan meski dengan bantuan jari, maka bisa dipastikan Anda telah mengalami ambeien atau wasir stadium 4. Hal ini terjadi karena vena yang membengkak semakin menonjol dan besar, penderitanya pun akan sering mengalami perdarahan hebat dan anemia.

Ketika memasuki stadium ini, secara konvensional, operasi wasir merupakan pilihan metode pengobatan paling efektif. Metode operasi untuk mengobati wasir dikenal dengan istilah haemorrhoidectomy, yaitu proses pengangkatan vena yang membengkak. Proses ini dilakukan dengan hati-hati untuk meminimalisasi rasa sakit.

Jadi, pengangkatan jaringan dilakukan hanya pada jaringan yang benar-benar berlebihan. Dengan begitu, proses operasi tidak menganggu jaringan lain yang ada di anus sehingga komplikasi akibat operasi bisa diminimalisasi sebaik mungkin.


PERKIRAAN BIAYA OPERASI WASIR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT

Biaya operasi ambeien atau wasir bergantung kepada kualitas perawatan medis masing-masing rumah sakit dan metode yang diterapkan untuk melakukan penanganan penyakit tersebut.

Kisaran biaya operasi wasir secara umum dimulai dari Rp4 jutaan hingga lebih dari Rp 46 juta. Tentu ini bukan biaya yang murah, bukan?

RS EMC Sentul, Sentul, Bogor. Biaya mulai dari Rp13.000.000.

Rumah Sakit Premier Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Biaya mulai dari Rp20.947.500.

Rumah Sakit Premier Surabaya, Sukolilo, Surabaya. Biaya mulai dari Rp46.000.000.

Siloam Hospitals TB Simatupang, Cilandak, Jakarta. Biaya mulai dari Rp17.000.000.

RSU Banyumanik 2, Banyumanik, Semarang. Biaya mulai dari Rp3.885.000.

Siloam Hospitals Balikpapan, Balikpapan Selatan, Balikpapan. Biaya mulai dari Rp4.035.000.

RS Brawijaya Duren Tiga, Pancoran, Jakarta. Biaya mulai dari Rp16.500.000.

Rumah Sakit Citra Medika Lamongan, Lamongan. Biaya mulai dari Rp5.915.000.

RSU Bhakti Rahayu Surabaya, Gayungan, Surabaya. Biaya mulai dari Rp6.000.000.

RSU Sylvani Binjai, Binjai Utara, Binjai. Biaya mulai dari Rp8.450.000.


EFEK SAMPING OPERASI WASIR

Setelah menjalani operasi, biasanya akan muncul gejala nyeri selama beberapa waktu. Waktu pemulihan yang dibutuhkan setelah operasi ini biasanya sampai 2 minggu. Namun, lamanya waktu penyembuhan mungkin akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Satu hal yang pasti, seseorang harus beristirahat selama kurang lebih 7 hari setelah tindakan, untuk mempercepat pemulihan.

Efek samping lainnya tentu saja adalah menguras kantong bagi yang budgetnya pas-pasan.

Meski sudah diangkat melalui operasi hemoroidektomi, ada peluang wasir bisa kambuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<