7 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat garam Epsom ternyata baik untuk kesehatan dan kecantikan. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengenali jenis garam satu ini. Garam Epsom sendiri memiliki fungsi yang berbeda dengan garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak. 

Garam Epsom terkenal digunakan sebagai campuran untuk berendam yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan garam dapur, garam yang sering juga disebut Garam Inggris ini mengandung magnesium sulfat dan oksigen, beda dengan garam dapur.

Manfaat garam Epsom untuk kesehatan dan kecantikan didapatkan dari kandungannya tersebut. Kamu bisa melarutkan garam Epsom ke dalam air mandi, dan menggunakannya untuk berendam. Gunakan dua cangkir saja, dan kamu bisa berendam selama minimal 15 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut beberapa manfaat garam Epsom atau garam Inggris:


Mengatasi Insomnia

Manfaat garam Epsom yang pertama adalah dapat mengatasi insomnia atau susah tidur. Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam ini dipercaya dapat merangsang kamu untuk segera tidur.

Hal ini karena magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin. Di samping itu, magnesium dalam garam Epsom juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat kamu lebih relaks dan mudah tertidur.


Menebalkan Rambut

Jika kamu ingin menebalkan rambut, garam Epsom bisa jadi pilihan tepat. Manfaat garam Epson satu ini tentunya sangat dibutuhkan oleh kamu yang mengalami kebotakan atau rambut rontok. Keramas dan mencuci rambut dengan garam Epsom ini membantu menambah volume rambut agar terlihat lebih tebal.

Cara menggunakannya mudah saja, campurkan garam Epsom dengan kondisioner, usapkan di kepala, dan biarkan selama 20 menit untuk mendapatkan rambut yang lebih bervolume. Tak hanya itu, garam Epsom juga dipercaya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala.


Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Manfaat garam Epsom selanjutnya adalah untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. Hal ini sangat baik untuk kamu yang sering berolahraga yang cukup berat. Masih berkaitan dengan kandungan magnesiumnya, garam Epsom dapat membantu tubuh dalam menyerap gula dan asam laktat sehingga nyeri otot dan sendi dapat mereda. Hal ini juga dapat mengatasi nyeri sendi yang terjadi karena proses peradangan pada sendi.


Eksfoliasi Kulit Mati

Sel-sel kulit mati di wajah juga dapat diatasi dengan garam Epsom. Manfaat garam Epsom untuk kecantikan ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit wajah kamu. Tidak hanya itu, penggunaan garam ini bahkan bisa mengangkat komedo sekaligus. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih halus.


Mengatasi Konstipasi

Kandungan magnesium dalam garam dapat menimbulkan mekanisme penarikan air ke dalam rongga usus. Mekanisme tersebut dapat membuat feses lebih lunak dan melancarkan pergerakan usus, sehingga proses buang air besar pun menjadi lebih mudah.

Manfaat garam Epsom ini bisa kamu dapatkan dengan meminumnya. Caranya mudah, campurkan 2-6 sendok teh garam ke dalam satu cangkir air, lalu minum.


Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain dapat menebalkan rambut, manfaat garam epsom juga baik untuk kesehatan kulit kepala. Hal ini karena magnesium pada garam epsom adalah salah satu mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Keramas menggunakan garam Epsom dapat membantu meningkatkan sirkulasi sekaligus melembapkan kulit kepala dan rambut.


Menghidrasi Kulit

Manfaat garam Epsom dapat membantu kamu mempertahankan tingkat hidrasi dan tekanan darah. Mengonsumsi garam Epsom dapat membantu memenuhi kebutuhan natrium.

Itulah beberapa manfaat garam epsom yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun begitu, kamu juga perlu mengenali beberapa efek samping penggunaannya jika berlebihan. Di antaranya adalah diare, nyeri perut, mengantuk, bercak merah, gatal, sesak napas, bibir bengkak, pusing, perubahan irama jantung, kelemahan otot, berkeringat, hingga pingsan.

Jika kamu mengalami beberapa efek samping tersebut, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasi dengan dokter. Memang tidak semua orang cocok dengan garam epsom ini, jadi kamu perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Sumber: https://hot.liputan6.com/read/4325702/7-manfaat-garam-epsom-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<