Khasiat Bawang Putih, Mengatasi Pilek Hingga Mengusir Nyamuk

Bawang putih merupakan bumbu utama hampir dalam setiap masakan. Anda juga bisa memanfaatkan bumbu ini untuk memelihara kesehatan tubuh. Salah satu yang sudah diteliti adalah manfaatnya sebagai pencegah kanker dan penurun tekanan darah. Kenali apa saja manfaat lainnya:

 

Menumbuhkan rambut

Bawang putih bisa mengatasi masalah kerontokan rambut karena mengandung banyak allicin. Allicin merupakan senyawa yang juga ditemukan di bawang bombay, yang efektif merawat rambut rontok. Gosok potongan bawang putih di kulit kepala, lebih baik lagi jika sambil di pijat. Anda juga bisa menambahkan minyak pada bawang putih untuk memijatnya di kulit kepala.

 

Membersihkan jerawat

Mungkin ini bukan bahan utama dalam obat jerawat yang dijual bebas, namun bawang putih dapat menjadi obat alami yang bagus untuk membersihkan jerawat yang tidak diinginkan. Kandungan antioksidannya membunuh bakteri, jadi usap potongan bawang putih pada jerawat untuk pengobatan topikal yang efektif.

 

Mencegah dan mengobati pilek

Makanan yang dibumbui dengan bawang putih bukan hanya lezat tapi juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jika pilek mulai menyerang, coba minum teh bawang putih. Cara membuatnya, cincang bawang putih lalu rendam dalam air panas beberapa menit, kemudian saring dan minum. Anda bisa menambahkan madu atau jahe untuk meningkatkan rasanya.

 

Mengatasi psoriasis

Dikenal sebagai bahan anti-peradangan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan psoriasis (penyakit kulit akibat gangguan sistem imun) yang tak membuat Anda nyaman. Coba gosok sedikit minyak bawang putih di bagian yang terdapat psoriasis, untuk menghaluskan dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

 

Menjaga berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang memakan asupan kaya bawang putih mengalami penurunan berat badan dan lemak mereka. Masaklah makanan dengan bawang putih untuk rasa yang lebih enak dan ramah pinggang.

 

Mencabut serpihan

Menaruh potongan bawang putih dan merekatkannya secara kuat dengan perban atau lakban merupakan langkah yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mencabut serpihan tajam yang masuk ke dalam kulit.

 

Merawat kaki

Karena kandungan anti-jamur, bawang putih bisa berguna membersihkan rasa gatal pada kaki. Rendam kaki dalam air hangat dan masukkan bawang putih yang sudah dihancurkan.

 

Mengusir nyamuk

Para peneliti masih belum memahami kenapa nyamuk tampak tidak menyukai bawang putih. Sebuah studi di India menemukan bahwa orang yang mengoles ramuan bawang putih di lengan dan kakinya tidak terganggu oleh nyamuk. Gunakan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah sebagai pencegah alami. Bisa juga Anda meletakkan satu siung bawang putih di dekat Anda agar tak terganggu nyamuk.

Sumber: KOMPAS.com - Purwandini Sakti Pratiwi

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Follow MedisHolistik.com untuk rutin mendapatkan update artikel via email >> Follow Sekarang <<